Womanpreneur: Wanita Juga Bisa Berkarya Melalui Wirausaha

Oleh Christanto

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Perbedaan gender tak lantas menghambat wanita untuk berkembang dan berinovasi melalui wirausaha. Dengan harapan untuk menumbuhkan semangat dan jiwa-jiwa entrepreneurship di kalangan mahasiswi ITB, Departemen Ekonomi Keluarga Mahasiswa ITB dan Techno Entrepreneur Club (TEC) ITB mengadakan talkshow Womanpreneur. Dengan mengusung tema "Saatnya Wanita Berwirausaha", talkshow tersebut diadakan pada Sabtu (05/03/11) di Aula Barat ITB.

Talkshow tersebut dibuka oleh paparan dari Betti Alisjahbana, seorang entrepreneur alumni Arsitektur ITB yang saat ini juga aktif di berbagai kegiatan sosial. Ketika ditanya alasannya meninggalkan jabatan tinggi sebagai Presiden Direktur IBM yang diembannya selama 8 tahun, Betti menjelaskan hal-hal yang sangat menginspirasi namun tetap realistis. "Kalau saya tetap di comfort zone itu, tantangannya akan hilang," tegasnya.

Ia juga mengemukakan bahwa ketika ia bekerja pada suatu tempat, maka dirinya tak memiliki waktu lagi untuk aktivitas sosial. "Padahal, saya ingin mengabdikan 50% waktu saya untuk bekerja sosial seperti saat ini," jelas Betti. Melalui aktivitas yang diembannya sekarang, Betti berharap dapat menciptakan solusi dalam menyelesaikan tingginya tingkat pengangguran di Indonesia.

Berangkat dari Hobi

Tak banyak ibu rumah tangga di Indonesia yang seproduktif Rini Suwardy. Dengan berbagai rutinitas mengurus rumah tangga, seorang wanita tetap bisa berwirausaha. "Berangkat dari hobi, saya serius dan fokus pada apa yang dikerjakan, hingga saya bisa berwirausaha di bidang fashion sekarang," ujar Rini. Ia mengaku senantiasa melihat apapun sebagai sumber inspirasi. "Galilah sense dan kreativitas diri kita, lalu cintai yang kita kerjakan," tambahnya.


Senada dengan Rini, Betti juga memberikan masukan kepada mahasiswi ITB untuk mencari kekuatan yang ada di tiap pribadi. "Cari yang kita suka, lalu pilih bisnis yang sesuai dengan passion kita," ungkapnya. Ia juga menambahkan bahwa mencari ide bisnis yang unik dan berbeda menjadi kunci keberhasilan sebuah bisnis. "Ketika orang pulang dari mal membawa belanjaan, kita membawa ide yang berbeda dengan orang lain," tambahnya.

Semangat Wirausaha

Talkshow Womanpreneur ini diselenggarakan dengan tujuan mulia untuk menginspirasi mahasiswi ITB untuk berwirausaha. "Wanita yang berwirausaha relatif sedikit, maka Departemen Ekonomi KM ITB berusaha membangkitkan semangat mahasiswi ITB dan wanita-wanita di seluruh Indonesia untuk berwirausaha," ungkap Anjaritha Aulia (Biologi 2009) selaku ketua pelaksana acara.

Selain Betti Alisjahbana dan Riny Suwardy, talkshow tersebut juga menghadirkan berbagai pembicara yang sangat berkompeten di bidangnya. Sebut saja, Tri Mumpuni, Denia A. Samad, Andini S. Faisal, dan Adinindyah. Melalui talkshow semacam ini, diharapkan seluruh mahasiswa ITB, menjadi terinspirasi untuk menjadi solusi dan memecahkan berbagai persoalan bangsa melalui wirausaha.

 


scan for download