Arak-Arakan Wisuda April 2011: Mulai dari Dasar Samudera Sampai Perjalanan Ruang Angkasa

Oleh Ramasha Shella Gustia

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Title mahasiswa ITB yang sebagian besar merupakan mahasiswa teknik tidak menutup kreativitas mereka untuk berkarya. Selain untuk mengapresiasi kakak-kakak yang baru saja diwisuda hari Sabtu (09/04/11) yang lalu, arak-arakan wisuda juga digunakan sebagai sarana unjuk gigi masing-masing himpunan mahasiswa di depan seluruh massa kampus. Berbagai konsep penampilan arak-arakan, mulai dari Mahabarata sampai dengan Perjalanan Ruang Angkasa, membuat massa kampus betah berdiri berlama-lama di pelataran depan ATM center ITB.

Arak-arakan dimulai setelah para wisudawan keluar dari gedung Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) ITB. Setelah mengikuti siding sejak pagi hari, wisudawan keluar disambut oleh massa himpunan program studi mereka masing-masing dan disuguhkan penampilan menarik di lapangan Sarana Olahraga Ganesha (Saraga) ITB. Setelah itu wisudawan akan diarak oleh massa himpunan melalui terowongan Sunken Court ke arah jam besar yang terletak di ITB bagian depan untuk menunjukkan penampilan akhir kepada para wisudawan dan massa kampus yang menonton. Penampilan ini dilombakan oleh pihak Keluarga Mahasiswa (KM) ITB. Himpunan dengan penampilan terbaik akan mendapatkan penghargaan dari KM ITB.

Dari Dasar Samudera Sampai Perjalanan Ruang Angkasa

Rombongan wisudawan yang diarak pertama kali ialah wisudawan dari Keluarga Mahasiswa Seni Rupa (KMSR). Sejak awal, sudah terlihat begitu meriahnya suguhan dari mahasiswa Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ITB angkatan 2010. Mulai dari kostum, sampai dengan penampilan yang berlangsung di pelataran Plaza Widya dan Indonesia Tenggelam tampak benar-benar menarik perhatian.

Penampilan dari KMSR ini dapat membuat massa kampus yang penasaran dengan penampilan KMSR memenuhi pelataran Plaza Widya dan gedung laboratorium teknik yang ada di sekitarnya. Penampilan yang mengambil tema "Venus, Pearl of The Ocean" ini menjadi penampilan menarik yang membuka rangkaian arak-arakan wisuda April 2011 kali ini, meskipun penampilan ini tidak diikutsertakan dalam kompetisi arak-arakan yang diselenggarakan oleh KM ITB.

Penampilan tidak kalah menarik juga ditampilkan oleh himpunan mahasiswa jurusan yang lain di depan ATM center ITB. Himpunan Mahasiswa Farmasi (HMF) menampilkan "Grad Carnival", dengan kostum menarik seperti kostum tokoh Barbie dan Mickey Mouse. Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (Himatek) menampilkan pertunjukan dansa bertema "Fairy Tale". Himpunan Mahasiswa Fisika Teknik (HMFT) menyuguhkan drama Mahabarata.

Beberapa himpunan tidak hanya menghibur massa, tetapi juga menampilkan sebuah drama atau penampilan dengan ide sederhana tetapi dapat dinikmati oleh seluruh massa dari himpunan itu sendiri. Himpunan Mahasiswa Tambang (HMT) misalnya, mengambil tema "Orkes Dangdut Goyang Erika" dan Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi (HMTG) Gea dengan tema "Lapangan". Akhirnya penampilan terakhir dari Himpunan Mahasiswa Astronomi (HIMASTRON) dengan tema "Perjalanan Ruang Angkasa" yang bercerita tentang perjalanan dua orang astronot Indonesia ke luar angkasa menutup acara arak-arakan wisuda April 2011 kali ini.


scan for download