Tim Hexley Harumkan ITB dalam Ajang Gemastik IV 2011

Oleh Hastri Royyani

Editor -

SURABAYA, itb.ac.id - Berawal pada Bulan Juli 2011, Jason Widagdo, Chandra Satriana dan Lukman Fikri Siregar memperoleh informasi mengenai Pagelaran Mahasiswa Nasional bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik) 2011. Kompetisi ini membuat ketiga mahasiswa Teknik Telekomunikasi ITB tersebut bersepakat membentuk sebuah tim bernama Hexley untuk turut serta. Dengan kerja keras dan ketekunan, tim ini berhasil meraih medali perak pada Gemastik IV 2011 dalam kategori keamanan jaringan.
Kesuksesan mereka tidak terlepas satu sama lain. "Sistem pembagian tugas kami lakukan agar dapat terfokus pada bidang yang spesifik," tutur Jason. Keberhasilan kami juga karena dukungan penuh dari ITB selama pelaksanaan lomba, ungkapnya.

Kompetisi Gemastik kategori Keamanan Jaringan berlangsung ketat mengingat kompetisi IT tingkat nasional yang diselenggarakan oleh DIKTI ini begitu bergengsi. "Sebenarnya semua tim sama hebat, banyak tim yang berasal dari komunitas dunia keamanan jaringan," ujar Chandra. Ia melanjutkan, namun hal yang paling mempengaruhi hasil lomba adalah metode yang digunakan untuk mengamankan web.

Tantangan besar bagi tim Hexley yang lain adalah mempertahankan prestasi ITB.  "Pasalnya, dua tahun lalu ITB menduduki posisi pertama pada Gemastik II 2009 di kategori yang sama," papar Chandra.

Rangkaian Seleksi Ketat

Jason menjelaskan, "Pada kategori keamanan jaringan, seleksi lomba dilakukan dalam tiga tahap." Tahap pertama mengerjakan soal secara online. Lima puluh enam tim dari 256 tim lolos menuju tahap kedua, dengan enam tim berasal dari ITB. Tahap kedua, panitia memberi tantangan pada peserta untuk dapat menembus jaringan yang ditetapkan. Poin penilaian dihitung dari seberapa banyak celah yang dapat ditembus oleh peserta. Enam belas tim dengan poin tertinggi berhak memasuki babak final. Tiga tim ITB berhasil memasuki tahap akhir salah satunya Tim Hexley.

"Pada tahap final peserta dituntut mampu mengamankan web yang berhasil ditembus pada babak sebelumnya kemudian mempresentasikan metode yang digunakan untuk mengamankan web tersebut," tutur Chandra. Babak final ini berlangsung pada Selasa-Kamis (11-13/10/11) bertempat di Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya.

Harapan tim Hexley: ITB Juara Umum Gemastik V 2012    

Gemastik V 2012 kelak akan diadakan di Institut Teknologi Bandung. Tim Hexley memiliki harapan besar untuk ITB. "ITB harus juara umum Gemastik V 2012," tutur Jason dengan semangat yang meletup.

Chandra menambahkan, "Semangat untuk mengikuti kompetisi Gemastik V 2012 harus lebih ditingkatkan lagi." Sebaiknya jangan hanya Prodi Informatika saja yang memiliki semangat besar untuk memenangi kompetisi Gemastik, tetapi prodi lain juga berpartisipasi, harap Chandra. Keberhasilan dari mahasiswa ITB meraih prestasi diharapkan dapat memicu semangat mahasiswa ITB yang lain untuk turut berprestasi dalam ajang nasional maupun internasional.

Oleh: Neli Syahida Ni'ma

scan for download