Engineering Day 2014: Inovasi Alat Penjernih Air oleh Mahasiswa FTSL 2013

Oleh Mega Liani Putri

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Pada Minggu (27/04/14) Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL) ITB mengadakan Engineering Day, acara yang mempresentasikan tugas akhir mata kuliah KU 1202 Pengantar Rekayasa dan Desain II oleh mahasiswa angkatan 2013. Seluruh mahasiswa tingkat pertama tahun ini wajib mengambil mata kuliah Pengantar Rekayasa dan Desain selama dua semester berturut-turut. Sebagai projek akhir, mereka ditugaskan untuk membuat serangkaian alat penjernih air. Bertempat di Aula Barat Kampus ITB Ganesha, rangkaian alat yang telah dirancang secara mandiri oleh para mahasiswa diuji dan dinilai sekaligus menjadi momen ujian akhir semester untuk mata kuliah tersebut.

Ir. Biemo W. Soemardi, MSE, Ph. D. selaku koordinator dosen mata kuliah Pengantar Rekaya dan Desain membuka rangkaian acara Engineering Day ini. Beliau menyampaikan rasa bangganya kepada para mahasiswa yang telah mempersiapkan usaha terbaik untuk projek akhir ini. "Tahun ini hanyalah awal bagi kalian semua. Tiga tahun lagi masih menanti di depan mata. Selamat berjuang! Hidup FTSL!" pesannya.


Ir. Agus Jatnika Effendi, Ph.D., salah satu dosen juga sempat mengungkapkan kebanggaannya kepada mahasiswa FTSL 2013. "It's beyond the expectation," ungkapnya, "Dari projek ini sudah terlihat yang akan menjadi konsultan atau menjadi kontraktor. Mahasiswa yang mempunyai potensi untuk menjadi kontraktor merancang dan membuat rangkaian alat sendiri. Di sisi lain, ada mahasiswa yang merancang dan mempercayakan orang lain untuk merangkainya, merekalah yang berpotensi menjadi konsultan."


Pengantar Rekayasa dan Desain adalah mata kuliah baru pada kurikulum 2013. Setiap fakultas dan sekolah di ITB memiliki projek yang berbeda-beda. Ada fakultas-fakultas yang berkolaborasi untuk membuat sebuah projek, seperti Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara dan Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati yang beberapa waktu yang lalu membuat projek bersama dengan tajuk kursi ramah lingkungan. Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan memilih untuk mandiri dalam projek akhir dengan tajuk alat penjernih air.


Melalui pelaksanaan projek akhir ini, mahasiswa FTSL 2013 diharapkan mampu memahami tahap-tahap rekayasa dan desain sehingga mereka siap untuk menjadi engineer yang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat. Saat ini, penyediaan air bersih masih menjadi masalah yang dihadapi oleh penduduk Indonesia di beberapa daerah. Oleh karena itu, sesuai dengan bidang FTSL yaitu infrastruktur, diharapkan akan terbentuk lulusan-lulusan yang paham dan mampu menyelesaikan permasalahan penyediaan air bersih.

 

Dokumentasi oleh FTSL ITB


scan for download