LTPB ITB Adakan Pelatihan Motivasi Bagi Mahasiswa Baru 2014

Oleh Ninik Susadi Putri

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Proses transisi dari bangku sekolah menuju bangku kuliah tentu dialami oleh hampir semua mahasiswa baru. Fase transisi ini juga pasti berakibat pada psikologis serta mental seorang mahasiswa baru. Apalagi dengan penambahan kata 'maha' didepan kata 'siswa' merupakan suatu kebanggaan sekaligus tanggungjawab yang diperoleh putra-putri terpilih bangsa ini . Oleh karena itu, Lembaga Tahap Persiapan Bersama (LTPB) ITB mengadakan pelatihan motivasi bertajuk "Strategi Menggapai Sukses Pribadi" pada Rabu-Kamis (13-14/08/14). Pelatihan motivasi ini merupakan bagian awal dari program pengembangan karakter mahasiswa.

Melalui pelatihan motivasi ini, mahasiswa baru yang berada pada fase transisi dari remaja menjadi dewasa muda dilatih agar dapat mengenal dirinya sendiri dengan baik. Bagi sebagian mahasiswa baru mengenal dirinya sendiri merupakan sebuah perjalanan menemukan identitas. LTPB dalam hal ini membantu untuk membimbing mahasiswa dalam menemukan jati diri agar siap menghadapi dunia perkuliahan hingga nanti karir di masa yang akan datang.


"Tujuannya adalah untuk mengenalkan kehidupan dan budaya kampus yang berbeda dengan masa SMA, karena kehidupan kampus disini sangat dinamis," tutur Dr. Lulu L. Fitri, MSc selaku ketua pelaksana kegiatan ini. Menurut Lulu, mahasiswa baru disini tidak hanyak diperkenalkan ilmu secara kognisi tetapi ilmu untuk mengembangkan dirinya sendiri. Kegiatan pelatihan ini diisi oleh dosen-dosen yang berasal dari hampir seluruh jurusan di ITB. Materi yang dibawakan dalam pelatihan ini juga disusun oleh dosen ITB sendiri sehingga isi yang disampaikan adalah ciri khas ITB. Dosen-dosen dalam hal ini sebagai tim penyusun materi sudah dibekali pemahaman mengenai Emotional Intelligence serta 7 Habits.


Mahasiswa baru yang dibagi menjadi hampir 70 kelas dengan seorang fasilitator yang berasal dari dosen, serta co-fasilitator dari mahasiswa ITB sendiri. Hal tersebut dikarenakan agar penyampaian materi lebih luwes dengan tambahan contoh-contoh budaya kampus yang diberikan oleh co-fasilitator yaitu mahasiswa yang lebih senior. "Co-fasilitator yang juga mahasiswa diharapkan agar lebih dekat dengan mahasiswa baru 2014," ujar Ridwan Reza (Matematika 2009) sebagai staf acara. Pelatihan motivasi ini juga dilengkapi oleh buku kerja yang mengarahkan mahasiswa dalam mengenal dirinya.


"Trainingnya seru, materi yang disampaikan adalah pelajaran kehidupan yang bisa langsung diadaptasikan ke kehidupan sehari-hari, selain itu training ini sangat dibutuhka bagi mahasiswa baru seperti saya agar terus termotivasi untuk kedepannya," ungkap Ghifari Dwi (Fakultas Teknologi Industri 2014) sebagai salah satu peserta pelatihan ini. Besar harapan kegiatan ini dapat dijadikan pembelajaran bagi mahasiswa dalam mengenal identitas pribadinya masing-masing.


scan for download