Sambut Mahasiswa Baru 2015, LTPB ITB Kembali Berikan Pelatihan Motivasi

Oleh Ninik Susadi Putri

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Menjadi seorang mahasiswa merupakan sebuah tanggung jawab besar yang dimiliki oleh putra-putri terbaik bangsa ini. Hanya saja, tidak semua putra-putri bangsa Indonesia ini berkesempatan menduduki bangku kuliah. Bagi mahasiswa baru ITB 2015, hal tersebut merupakan sebuah anugerah dan kebanggan karena tidak semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk berkuliah di salah satu univeristas terbaik di Indonesia. Setelah berhasil lolos dan terpilih dari seleksi, mahasiswa baru tentu akan mengikuti perkuliahan di ITB. Banyaknya perbedaan antara dunia perkuliahan dengan masa-masa SMA terkadang membuat mahasiswa baru merasa tidak siap untuk menjalaninya. Oleh karena itu, Lembaga Tahapan Persiapan Bersama (LTPB) ITB kembali adakan pelatihan motivasi bertajuk "Strategi Menuju Sukses Pribadi" pada Kamis-Jumat (13-14/08/14).

Dalam pelatihan motivasi ini diharapkan dapat membantu para mahasiswa baru dalam menjalankan kehidupan perkuliahan di ITB. Tajuk "Strategi Menuju Sukses Pribadi" dipilih agar mahasiswa baru ITB dapat lebih mengenal dirinya sendiri untuk menemukan identitas mereka yang sebenarnya. Dunia perkuliahan yang sangat dinamis membutuhkan tidak hanya kemampuan hardskill tetapi sisi softskill juga perlu dikembangkan. Dengan lebih mengenal dirinya sendiri, mahasiswa baru dapat lebih mudah beradaptasi serta mengetahui bagaimana harus bersikap dalam lingkungan yang baru. "Ibarat 2 sayap burung, kemampuan hardskill dan softskill akan sangat penting bagi mahasiswa ITB untuk "terbang" menggapai kesuksesan," tutur Dr. Saiful Akbar, ST, MT sebagai salah satu fasilitator pada pelatihan kali ini.

 
Materi pada pelatihan ini disampaikan langsung oleh seorang fasilitator yang berasal dari dosen dan co-fasilitator yang berasal dari mahasiswa ITB sendiri. Hal ini dikarenakan agar penyampaian materi lebih luwes dan sesuai dengan keadaan ITB saat ini. Dosen yang memberikan pelatihan pun disesuai dengan fakultas dari masing-masing mahasiswa baru. Salah satu materi yang menarik adalah adanya tes mengenai kepribadian yaitu tes Dominant, Influence, Steady, Compliance (DISC). Dalam tes ini, mahasiswa baru diminta untuk memilih sifat yang paling mirip dengan mereka dari 40 daftar sifat-sifat yang ada. Tes DISC merupakan sebuah alat untuk mengetahui dan memahami perilaku seseorang. Dari tes ini akan dihasilkan kecenderungan rata-rata perilaku mahasiswa ITB 2015. Pelatihan ini juga dilengkapi dengan buku kerja yang harus diisi oleh peserta sesuai dengan arahan fasilitator dalam setiap materi-materi yang diberikan


Pelatihan ini juga mendapatkan banyak respon positif dari mahasiswa baru.  "Banyak hal yang saya dapat, seperti materi mengenai manajemen waktu yang sangat sesuai dengan perkuliahan yang akan dihadapi nanti," ungkap Martin Lutta (Sekolah Teknik Elektro dan Informatika 2015) sebagai salah satu peserta pelatihan ini. Selain Martin, banyak mahasiswa baru lainnya yang memberikan tanggapan positif mengenai acara ini. "Dengan adanya acara ini saya lebih siap menghadapi dunia perkuliahan yang sebenarnya," tutur Vincent Hendryanto (Sekolah Teknik Elektro dan Informatika 2015). Besar harapan pelatihan seperti ini dapat terus dilaksanakan untuk menghasilkan mahasiswa-mahasiswa yang sukses mengenal pribadi mereka masing-masing.


scan for download