SEG ITB SC Berikan Edukasi Bencana Gempa Untuk Siswa Sekolah Dasar

Oleh Vinskatania Agung A

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Kota Bandung terkenal sebagai kota yang nyaman dengan udara yang sejuk dan pemandangan alam yang indah, lengkap dengan aneka kuliner yang menggoyang lidah. Dibalik berbagai daya tarik Kota Kembang ini, tak semua masyarakatnya menyadari bahwa terdapat patahan aktif dengan pergerakan berkisar 2-4 mm pertahun yang dikenal dengan Sesar Lembang. Sesar ini membelah Maribaya hingga Cisarua sepanjang 22 km dan berpotensi memicu gempa hingga 6,5-7,0 SR. Sebagai organisasi yang bergerak di bidang yang erat dengan kegempaan, Society of Exploration Geophysicists ITB Student Chapter (SEG ITB SC) melalui salah satu divisinya yaitu Social Service melakukan sosialisasi mengenai mitigasi bencana gempa kepada siswa sekolah dasar. Pada Sabtu pagi (19/09/2015) SEG ITB SC menyambangi target sekolah pertama mereka yaitu SDN 4 dan 5 Coblong.
Sosialisasi kepada siswa sekolah dasar ini bertujuan untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana gempa sejak dini. Selain memperkenalkan apa itu Sesar Lembang kepada siswa kelas 5 dan 6, SEG ITB SC juga mengedukasi mereka terkait langkah-langkah mitigasi bencana gempa. Panitia menyampaikan materi dengan presentasi yang menarik mempergunakan alat peraga berupa jelly yang diibaratkan sebagai blok Sesar Lembang. Siswa-siswa juga dipandu untuk melakukan simulasi penyelamatan diri ketika terjadi gempa bumi melalui beberapa langkah, yaitu merunduk, berlindung di bawah meja, lalu keluar kelas dengan tertib menuju lapangan sekolah. Sesi acara diakhiri dengan permainan-permainan yang berhubungan dengan materi mitigasi bencana gempa bumi.

Talita As Sefa selaku Head of Social Service Division mengaku sangat senang melihat antusiasme besar para siswa terhadap kegiatan ini. Talita juga berharap ilmu yang diberikan dapat bermanfaat untuk penyelamatan diri apabila terjadi gempa bumi. "Dengan pemahaman yang baik, semoga jumlah korban dapat ditekan," ujar Talita.

Setelah acara selesai, SEG ITB SC memberikan poster mengenai materi dan mitigasi bencana untuk ditempel di mading sekolah. Rencananya, panitia juga akan mengadakan kegiatan serupa untuk adik-adik di SDN Pancasila, yaitu sekolah dasar yang berlokasi di Kecamatan Lembang.

Dokumentasi: pribadi

scan for download