EPKM Mental Health Resources: Fasilitas Pendampingan Kesehatan Mental dari KM ITB

Oleh Adi Permana

Editor Vera Citra Utami


BANDUNG, itb.ac.id—Kementerian Edukasi dan Pendampingan Kesehatan Mental (EPKM) Kabinet KM ITB 2020/2021 merilis EPKM Mental Health Resources sebagai fasilitas penunjang dan pendamping kesehatan mental bagi mahasiswa ITB, Minggu (28/2/2021).

Dalam sambutannya, Menteri EPKM Rizqy Ananda menjelaskan, “Kementerian ini membantu ITB untuk memberikan fasilitas kesehatan mental yang baik untuk seluruh mahasiswanya. Mungkin udah gak asing bahwa beban di kampus yang cukup berat dan banyak hal-hal lain bisa mempengaruhi kesehatan mental kita sehingga mengganggu fungsi kita sebagai mahasiswa, sebagai anak, sebagai teman. Inginnya (dengan kementerian ini) teman-teman tahu sebenarnya kesehatan mental bisa ditunjang dengan hal apa saja.”

Kebutuhan akses terhadap sumber-sumber pendamping kesehatan mental meningkat di masa pandemi. Namun, mahasiswa masih banyak yang belum tahu mengenai fasilitas konseling di ITB. Kedua hal tersebut yang melatarbelakangi kementerian ini untuk merilis EPKM Mental Health Resources.

Artha, Dirjen Konselor Kementerian EPKM, memaparkan beberapa fasilitas kesehatan mental yang disediakan oleh ITB, di antaranya Bimbingan Konseling (BK) ITB dengan psikolog yang diakses melalui web kemahasiswaan.itb.ac.id dan aplikasi Ganecare yang akan menghubungkan para penggunanya dengan peer counselor atau “teman sebaya” untuk menyampaikan keluh kesah yang dimiliki.

Ganecare dilengkapi dengan beberapa filter peer counselor seperti jenis kelamin, angkatan, dan sejurusan atau tidak. Hal ini diperuntukkan bagi pengguna yang ingin ceritanya hanya didengarkan oleh orang-orang tertentu yang sesuai dengan kebutuhannya. Selain itu, mahasiswa ITB juga dapat memanfaatkan layanan konseling di Bumi Medika Ganesha serta meminta rujukan ke RS Melinda 2.
Kementerian EPKM juga menyebarkan berbagai konten psikoedukasi melalui akun instagram @ganeshamentalcare dan menyediakan link penunjang pemenuhan kebutuhan psikologis untuk mahasiswa ITB. Link ini berisi banyak informasi mulai dari daftar klinik dan rumah sakit yang memiliki layanan kesehatan mental di berbagai kota di Indonesia, website dan aplikasi penunjang, komunitas yang memiliki perhatian terhadap isu ini, serta akses dan fasilitas lainnya. Fasilitas ini dapat dinikmati oleh seluruh mahasiswa ITB pada link: linktr.ee/mentalhealthkesma.
Reporter: Ristania Putri Wahyudi (Matematika, 2019)


scan for download