Sempat Vakum, Pameran Akademik DKV ITB Kembali Hadir

Oleh Adi Permana

Editor Adi Permana


BANDUNG, itb.ac.id -- Trajectstory kembali hadir setelah 2 tahun vakum. Trajectstory adalah pameran perjalanan akademik jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV ITB) selama dua tahun. Karya yang dipamerkan berasal dari karya mahasiswa dalam tugas atau proyek dari 14 mata kuliah yang dapat memperlihatkan perkembangan keilmuan dalam kurikulum DKV ITB dari tahun 2019 sampai 2021.

Pameran ini diadakan pada 6-14 Januari 2022 dengan pembukaan diadakan pada Kamis (6/1/2022). Pembukaan dihadiri oleh 126 peserta dan sambutan dilakukan oleh Daiva Aryoga selaku Ketua Pameran, Banung Grahita, M.Ds., Ph.D. selaku Ketua Prodi, dan Dr. Andryanto Rikrik Kusmara, S. Sn., M. Sn. selaku Dekan FSRD ITB.

Trajectstory memperkenalkan kurikulum jurusan DKV ITB yang sesuai dengan Pendidikan DKV 4.0. Pameran ini juga dapat digunakan sebagai bahan diskusi dan refleksi untuk pengembangan ilmu DKV agar menghasilkan lulusan yang dapat menjadi visual problem solver dengan memberikan kemampuan berpikir kritis, berpikir desain, dan berpikir kreatif dalam merancang narasi visual yang tepat guna terutama pada era disrupsi dengan harapan memanusiakan manusia.

Hasil pameran dapat juga menjadi evaluasi pembelajaran daring bagi pendidikan DKV berdasarkan kurikulum melalui 14 mata kuliah. Mata kuliah yang ditampilkan hasil karya terbaik berdasarkan seleksi oleh dosen pengampu yang mewakili tema dan materi adalah Motion Graphic, Desain Karakter, Komunikasi Visual Periklanan I, Komik yang diminati berbagai jurusan di ITB, Ilustrasi Dasar, Komunikasi Visual Multimedia II, Board Game, Ilustrasi dan Desain Buku Anak, Grafis Kemasan, Animasi, IP/HaKI, Tipografi Dasar, dan Manajemen DKV. Pada mata kuliah yang terpilih terdapat mata kuliah wajib dan mata kuliah pilihan dalam prodi.


Pameran Trajectstory dapat dilaksanakan berkat usaha dari panitia yang merupakan mahasiswa jurusan DKV. Pameran ini diharapkan dapat memperlihatkan karya mahasiswa DKV ITB selama metode pengajaran daring juga sebagai bahan diskusi dan evaluasi perkuliahan di masa daring yang menurut panitia cukup melelahkan. Pameran dapat diakses melalui situs http://trajectstory.dkvitb.id/ dari hari Kamis (6/1/2022) sampai Jumat (14/1/2022).

Reporter: Alvina Putri Nabilah (Biologi, 2019)


scan for download