ITB Career Center dan PT Astra Honda Motor Selenggarakan Webinar Membangun Karier di Era Transformasi Digital

Oleh Adi Permana

Editor Adi Permana


BANDUNG, itb.ac.id – ITB Career Center berkolaborasi dengan PT Astra Honda Motor dalam menyelenggarakan webinar dengan judul “Build Your Career In Digitalization”. Acara ini menghadirkan Senior BI Engineer PT Astra Honda Motor, Deddy Cahyadi sebagai narasumber. Webinar ini dilangsungkan pada hari Jumat (18/2/2022).

Deddy memulai pemaparan materi dengan menjelaskan tentang beberapa fungsi dari Business Process Analyst dan Data Analyst. Mulai dari fungsi manajemen proyek, proses bisnis, manajemen perubahan, serta analisis data. Berbagai fungsi ini berlangsung dalam waktu yang berurutan. “Fungsi pertama yang dilakukan adalah fungsi proses bisnis yang berfungsi untuk mencari root cause permasalahan dan membuat solusi dan desain untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi,” terang Deddy.

Selanjutnya, fungsi manajemen perubahan melakukan analisis dampak yang terjadi akibat perubahan dan juga mendefinisikan strategi perubahan yang tepat. Divisi Business Process Analyst dibantu oleh Information Technology Function yang bertugas untuk membangun solusi sistem berdasarkan desain yang telah dirancang oleh Business Process Analyst. Machine Learning juga terlibat pada proses ini untuk memberikan penawaran dan solusi yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Selain itu, terdapat beberapa alasan mengapa peran seorang Business Process Analyst dan Data Analyst penting di era transformasi digital. Transformasi digital merupakan penggunaan teknologi untuk mentransformasi proses bisnis yang sudah maupun menciptakan bisnis baru yang lebih efisien dan efektif. Transformasi digital sangat diperlukan oleh setiap perusahaan untuk meningkatkan produktivitas, keamanan data, daya saing perusahaan, dan kualitas produk bagi konsumen. “Maka dari itu peran seorang Business Process Analyst dan Data Analyst merupakan fungsi yang sangat penting untuk mendorong berjalannya transformasi digital yang masif di perusahaan,” pungkas Deddy.

Terdapat berbagai hal penting yang harus dimiliki untuk membangun dan memiliki karier yang baik di era transformasi digital ini, terutama di bagian system integration, business process analyst, dan data analyst. Mulai dari critical thinking, kemampuan komunikasi yang baik, inovatif, kreativitas, keinginan yang tinggi untuk belajar, strong problem solving skills, hingga komitmen dan dedikasi yang tinggi.

Reporter: Yoel Enrico Meiliano (Teknik Pangan, 2020)


scan for download