Hebat, Ilham Subandoro, Mapres ITB Tahun 2021 dengan Segudang Prestasi

Oleh Adi Permana

Editor Vera Citra Utami


BANDUNG, itb.ac.id—Ilham Subandoro, Mahasiswa Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung (SBM ITB) program studi Manajemen terpilih sebagai mahasiswa berprestasi dalam Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) ITB tahun 2021.

Ilham merupakan mahasiswa ITB angkatan 2019 dengan sederet prestasi, baik di tingkat nasional maupun internasional, di antaranya ia pernah menjadi Juara 1 International Business Solution Competition 2020, menyabet Medali Emas International Business Plan Competition-Indonesia Inventor Day 2020, Medali Perak Sahasak Nimavum International Invention and Innovation Competition 2020-Colombo, Sri Lanka, dan masih banyak lagi prestasi juara lomba yang telah dicetak Ilham dalam kurun waktu 1 semester ke belakang.

*Pengumuman Juara 1 International Business Solution Competition 2020. (Dok. Pribadi)

Mahasiswa kelahiran Kuningan tersebut juga sempat meraih penghargaan Anugerah Pemuda Berprestasi Kuningan 2020 dari Bupati Kuningan dan juga menjadi Duta Baca Kuningan 2021.

Karena keaktifannya mengikuti berbagai kegiatan lomba, dalam satu semester, Ilham mengaku bisa mengikuti hampir 17 kompetisi dalam satu waktu. Tujuannya mengikuti lomba-lomba adalah agar bisa menambah relasi dan menempa kemampuannya sehingga lebih berkembang. Ketika mengikuti lomba, Ilham merasa senang bisa mewakili ITB dalam berbagai perlombaan nasional maupun internasional.

“Kalau kita ikut lomba, jangan takut mencoba. Kapan kita tahu kemampuan kita kalau tidak banyak mencoba. Justru kita harus banyak mencoba biar kita tahu kesalahan kita di mana dan bisa diperbaiki,” ujarnya saat diwawancara Reporter Humas ITB, belum lama ini.

Ilham juga memberikan strateginya dalam mengikuti lomba. “Prinsipnya adalah umpan jala. Jadi saat berlomba, jangan ikut cuman satu lomba,” ungkapnya.

*Ilham saat menerima penghargaan Duta Baca Kabupaten Kuningan. (Sumber: Dok Pribadi)

Rangkaian Pilmapres ITB Tahun 2021 ini diadakan bertahap, dimulai dari tahap seleksi fakultas/sekolah lalu dilanjutkan dengan tingkat kampus. Ilham menyatakan bahwa pada tingkat fakultas/sekolah, dirinya sempat merasa tidak yakin akan lolos pada tahap selanjutnya dikarenakan Ilham merupakan mahasiswa termuda di Pilmapres tingkat SBM.

Tahapan pilmapres tingkat ITB sendiri terdiri dari seleksi administrasi, pembuatan makalah ilmiah, presentasi, dan wawancara. Pada tahun ini, tahapan tersebut diikuti oleh 12 orang finalis dari masing-masing fakultas/sekolah.

Setelah meraih gelar mapres tingkat ITB ini, Ilham selanjutnya akan berfokus untuk mengikuti Pilmapres tingkat nasional dan terus aktif mengikuti berbagai perlombaan untuk mengharumkan nama ITB.

Reporter: Mirna Dwi (Teknik Sipil, 2019)


scan for download