1.793 Calon Mahasiswa Baru ITB Diterima dari Jalur SNBT 2023

Oleh Adi Permana

Editor Adi Permana


BANDUNG, itb.ac.id - Institut Teknologi Bandung (ITB) menerima 1.793 orang calon mahasiswa baru program sarjana melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023. Pengumuman kelulusan tersebut dapat diakses mulai hari Selasa, 20 Juni 2023, pukul 15.00 WIB, melalui laman https://pengumuman-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ atau https://snbp.itb.ac.id.

Calon mahasiswa yang diterima di ITB melalui SNBT 2023 tersebut merupakan peserta Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) yang diadakan di berbagai lokasi di seluruh Indonesia, pada tanggal 8 – 14 Mei 2023 (Gelombang 1) dan tanggal 22 – 28 Mei 2023 (Gelombang 2). Pada pelaksanaan UTBK tersebut, ITB merupakan salah satu dari 74 Pusat UTBK yang tersebar di seluruh Indonesia.

Pada penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNBT tahun 2023, 1.793 orang calon mahasiswa yang dinyatakan diterima di ITB terdistribusi ke berbagai Fakultas/Sekolah yang tersedia, sesuai dengan pilihan masing-masing calon mahasiswa. Berikut adalah rincian distribusi mahasiswa di Fakultas/Sekolah di ITB.

Fakultas/Sekolah

Terima

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) - Matematika

56

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) - Ilmu Pengetahuan Alam

91

Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) - Sains

69

Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) - Rekayasa

101

Sekolah Farmasi (SF)

57

Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB) - Kampus Ganesa

151

Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB) - Kampus Cirebon

20

Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM) - Kampus Ganesa

127

Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM) - Kampus Cirebon

48

Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) - Komputasi

110

Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) - Rekayasa

101

Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL) - Kampus Ganesa

134

Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL) - Kampus Jatinangor

40

Fakultas Teknologi Industri (FTI) - Kampus Ganesa

146

Fakultas Teknologi Industri (FTI) - Kampus Jatinangor

40

Fakultas Teknologi Industri (FTI) - Kampus Cirebon

20

Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD)

107

Sekolah Arsitektur Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK) - Kampus Ganesa

64

Sekolah Arsitektur Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK) - Kampus Cirebon

20

Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) - Kampus Ganesa

171

Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) - Kampus Cirebon

35

Sekolah Bisnis dan Manajemen

85

Jumlah

1.793


Kegiatan Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB bagi yang dinyatakan lulus SNBT 2023 di ITB akan dilaksanakan pada tanggal 26 Juni – 1 Juli 2023 secara daring. Informasi mengenai pelaksanaan dan persyaratan Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB tersebut dapat diperoleh di laman https://admission.itb.ac.id/home/hasil-seleksi. Calon mahasiswa ITB lulusan SNBT 2023 diharapkan untuk membaca dan memperhatikan secara seksama informasi mengenai tata cara dan persyaratan Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru di laman tersebut.

Selain melalui SNBP dan SNBT yang dilaksanakan secara nasional oleh Lembaga Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB), ITB juga menerima calon mahasiswa baru program sarjana tahun akademik 2023/2024 melalui Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) yang diselenggarakan sendiri oleh ITB. Saat ini masa pendaftaran peserta SM-ITB 2023 sedang berlangsung, mulai tanggal 1 – 23 Juni 2023. Informasi mengenai pelaksanaan pendaftaran Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) 2023 dapat diperoleh di laman https://admission.itb.ac.id/home/sarjana/mandiri.

ITB juga menyelenggarakan penerimaan mahasiswa program sarjana melalui Program Sarjana-Internasional, atau yang lebih dikenal dengan nama ITB International Undergraduate Program (ITB IUP). Program ini ditujukan bagi calon mahasiswa program sarjana ITB yang ingin menempuh pendidikan tinggi dengan pengalaman Internasionalisasi, serta ditawarkan baik bagi calon mahasiswa berkewarganegaraan Indonesia maupun bagi calon mahasiswa berkewarganegaraan asing. Pendaftaran calon peserta ITB IUP saat ini telah memasuki gelombang ke-2, pada tanggal 3 Mei – 14 Juli 2023. Informasi mengenai program ITB IUP dapat diperoleh di laman https://admission.itb.ac.id/home/international/undergraduate.

Sebagai informasi tambahan, mulai tahun akademik 2023/2024, ITB akan menyelenggarakan Program Tahap Persiapan Bersama (TPB) di ITB Kampus Jatinangor. Dengan demikian, seluruh mahasiswa baru program sarjana ITB tahun akademik 2023/2024 dari seluruh jalur seleksi penerimaan mahasiswa, akan berkegiatan di ITB Kampus Jatinangor. Oleh karena itu, ITB menghimbau agar seluruh calon mahasiswa yang akan atau telah melakukan proses pendaftaran ulang mahasiswa baru, serta akan mempersiapkan tempat tinggal, dapat selalu mengikuti berita-berita terkini melalui laman https://admission.itb.ac.id atau https://www.itb.ac.id, serta melalui Instagram @akademikitb atau @itb1920.


scan for download