Berprestasi di ONMIPA-PT 2024, ITB Juara Umum 16 Kali Beruntun

Oleh M. Naufal Hafizh

Editor M. Naufal Hafizh

MAKASSAR, itb.ac.id - Institut Teknologi Bandung (ITB) menjadi juara umum Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ONMIPA-PT) 2024. Dengan raihan tersebut, ITB menjadi juara umum ajang tersebut 16 kali berturut-turut sejak tahun 2009.

ONMIPA PT merupakan salah satu kompetisi nasional bergengsi. Gelaran ini dilaksanakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) yang pada tahun ini bekerja sama dengan Universitas Hassanudin selaku tuan rumah.

Gelaran tersebut digelar mulai 12-17 Mei 2024 dan diikuti 260 peserta dari 89 perguruan tinggi di Indonesia. Sebelumnya, peserta melakukan seleksi tingkat kampus dan wilayah sehingga dapat berkompetisi di tingkat nasional.

   

Pengumuman ITB sebagai juara umum dilaksanakan pada Kamis (16/5/2024), dengan perincian sebagai berikut:

Peraih medali emas:

1. Muhammad Irsyad Ramadhan (Biologi), bidang Biologi
2. Hannisa Fazania Hasna (Biologi) bidang Biologi
3. I Made Divananda (Kimia) bidang Kimia
4. Muhammad Alifaldi Ramadhan Al-Faritsi (Teknik Fisika) bidang Fisika

Peraih medali perak:

1. Muhammad Haris Wirananda (Biologi) bidang Biologi
2. Nathanael R.P. Widjaja (Matematika) bidang Kimia
3. Habibah Azmiyatus Sholihah (Kimia), bidang Kimia
4. Jonathan Sugijanto (Fisika) bidang Fisika

Peraih medali perunggu:

1. Fadhlannafis Khawarizmi Kesumajana (Matematika) bidang Matematika
2. Dzakwanil Hakim (Biologi) bidang Biologi
3. Feryan Riyue (Teknik Perminyakan), bidang Kimia
4. Tubagus Nur Azis (Fisika) bidang Fisika

Penerima honorable mention:

1. Kevin (Kimia) bidang Kimia
2. Nashwan Chakap Nanggala (Fisika) bidang Fisika

Finalis:

1. Dean Hartono (Matematika) bidang Matematika
2. Dzubyan Ilman Ramadhan (Matematika) bidang Matematika
3. Duke Ariqoh (Fisika) bidang Fisika

   

Adapun para Juara di bidang Matematika akan diberikan pembekalan oleh Puspresnas untuk seleksi dan akan mengikuti Lomba Matematika Tingkat International di Belgia yang akan berlangsung pada Juni 2024.

Dr. Getbogi Hikmawan, S.Si., M.Si. dari Kelompok Keahlian Fisika Teoretik Energi Tinggi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), selaku Ketua Pembimbing Bidang Fisika bersyukur atas raihan yang telah dicapai ITB. "Syukur kita panjatkan kepada Allah SWT terkait juara yang kembali lagi kita bisa dapatkan. Ini adalah juara umum secara beruntun," katanya, Jumat (17/5/2024).

   

Prestasi ini tidak lepas dari kerja keras hingga bakat dari para peserta. "Mahasiswa kita punya potensi dan bakat luar biasa sehingga bisa mendapatkan gelar juara. Kami dari tim pembina semua bidang membantu untuk mengarahkan dan memberikan motivasi," ujarnya.

Beliau mengatakan, prestasi ini juga tidak lepas dari dukungan Direktorat Kemahasiswaan ITB sejak persiapan hingga selesainya penyelenggaraan kegiatan.

   

Beliau berharap ke depannya, ITB dapat mempertahankan prestasi ini dan dalam persiapannya semakin matang lagi. "Sehingga kita bisa memberikan pembinaan, wawasan, masukan mental agar memiliki tim yang solid untuk setiap tahunnya dan budaya berprestasi di sisi akademik ini dapat terus terjaga," katanya.


scan for download