Digitalisasi Layanan Keuangan, ITB dan Bank Mandiri Perkuat Kerja Sama

Oleh Adi Permana

Editor Vera Citra Utami


BANDUNG, itb.ac.id—Institut Teknologi Bandung (ITB) menjalin kerja sama dengan Bank Mandiri dalam layanan perbankan berbasis digital guna memperkuat pengelolaan keuangan di ITB. Kerja sama ini diharapkan akan memudahkan ITB dalam monitoring aktivitas dan pengambilan keputusan finansial di masa pandemi Covid-19 ini.

Penandatanganan Berita Acara Serah Terima (BAST) layanan Digital Platform Keuangan ini dilakukan secara daring pada Rabu (4/8/2021), oleh SVP Government and Institutional I Bank Mandiri, Dadang Ramadhan P dan Wakil Rektor II Institut Teknologi Bandung, Ir. Muhammad Abduh, Ph.D.

“Melalui sinergi ini, kami berharap dapat menjadi mitra finansial utama pilihan nasabah dengan inovasi layanan dan produk keuangan digital terbaik agar dapat tumbuh dan bangkit bersama,” kata Dadang sebagaimana dikutip dalam rilis yang diterima Humas ITB.

Dadang mengatakan, pihaknya berharap layanan Digital Platform Keuangan ini akan meningkatkan good corporate governance dan optimalisasi pemanfaatan sumber daya finansial ITB secara efisien, serta mendukung berbagai aktivitas sivitas akademika di ITB tersebut.

Sementara itu Muhammad Abduh menjelaskan inovasi layanan perbankan berbasis digital yang terintegrasi bertajuk Mandiri Master Campus ini sangat membantu ITB dalam mengimplementasikan program-program kerja yang telah ditetapkan.

“Dalam STATUTA ITB, Rektor memang memiliki fungsi untuk pengelolaan keuangan secara terintegrasi. Sistem yang berbasis digital diharapkan dapat membantu proses operasional dan investasi di ITB mulai dari perencanaan sampai dengan monitoring menjadi lebih mudah dan transparan,” jelasnya. Ia menambahkan, nantinya layanan yang diberikan dapat terus berkembang sesuai kebutuhan dan memberikan nilai tambah masing-masing pihak.

Sementara itu SVP Transaction Banking Wholesale Bank Mandiri, Tri Nugroho menambahkan, sinergi itu juga mencakup kesepakatan terkait pengembangan teknologi, upaya melakukan percepatan, menjaga keamanan dan menciptakan nilai tambah.

“Secara prinsip kami akan mendukung pengembangan untuk mempermudah rekonsiliasi penerimaan, mempermudah pembayaran yang dilakukan, serta pengelolaan liquidity,” ungkap Tri.

Kerja sama ini akan melengkapi beberapa solusi dan layanan yang sudah berjalan di ITB. Di antaranya Solusi Mandiri Bill Collection (MBC) Host to Host untuk pembayaran biaya pendidikan, Mandiri Cash Management (MCM), ID Card e-money Co Branding, Host to Host Payment, Mandiri Smart Account (MSA), penyediaan EDC, serta kantor cabang dan ATM di lingkungan kampus ITB.



scan for download