Dr. Grandprix Thomryes Marth Kadja Raih Penghargaan Achmad Bakrie 2024 sebagai Ilmuwan Muda Berprestasi

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita

Dok.LPPM ITB

BANDUNG, itb.ac.id - Dosen dari Kelompok Keahlian (KK) Anorganik dan Fisik Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Institut Teknologi Bandung (FMIPA ITB), Dr. Grandprix Thomryes Marth Kadja, M.Si., mendapatkan Penghargaan Achmad Bakrie XX Tahun 2024.

Beliau mendapatkan Penghargaan Khusus: Ilmuwan Muda atas pencapaian dan karya inspiratifnya yang bermanfaat bagi Tanah Air.

Grandprix Thomryes Marth Kadja menjadi orang Indonesia pertama yang memperoleh gelar doktor di usia yang sangat muda, yakni 24 tahun.

Penghargaan juga diberikan kepada sosok inspiratif lainnya, sebut saja Jusuf Wanandi (Pemikiran Sosial), D. Zawawi Imron (Seni dan Budaya: Sastra), Afriyanti Sumboja (Sains dan Teknologi), dr Harapan (Kesehatan).

"Para penerima penghargaan dipilih oleh dewan juri yang kompeten dengan berbagai latar belakang dan kepakaran," ujar Ketua Penyelenggara Penghargaan Achmad Bakrie XX 2024, Aninditha Anestya Bakrie, melalui keterangan resminya Kamis (16/8/2024).

Setiap tahunnya di bulan Agustus yang bertepatan dengan perayaan kemerdekaan Indonesia, Penghargaan Achmad Bakrie diberikan sebagai bentuk apresiasi terhadap individu dan lembaga yang telah memberikan kontribusi terhadap bangsa. Sejak pertama kali diselenggarakan tahun 2003, penghargaan ini telah menjadi sebuah ajang yang bergengsi.

Guna memberikan penghargaan yang lebih tepat sasaran, tahun tahun ini penyelenggara melakukan penyesuaian kategori menjadi lima bidang utama, yaitu Pemikiran Sosial, Seni dan Budaya, Sains dan Teknologi, Kesehatan, dan Penghargaan Khusus. Kategori-kategori ini diharapkan dapat mengakomodasi berbagai bentuk kontribusi yang beragam dari para penerima penghargaan.

Puncak acara Penghargaan Achmad Bakrie XX 2024 akan digelar pada tanggal 25 Agustus 2024 di Ciputra Artpreneur Theatre Jakarta. Malam penganugerahan ini akan menjadi momen spesial untuk merayakan prestasi para penerima penghargaan dan menginspirasi generasi muda untuk terus berkarya dan berinovasi.


scan for download