Eksploraksi: Abdi Mahasiswa FTTM 2013 untuk Masyarakat Sangkuriang

Oleh Mega Liani Putri

Editor Mega Liani Putri

BANDUNG, itb.ac.id - Mahasiswa Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM) angkatan 2013 mengadakan sebuah kegiatan pengabdian masyarakat dengan tajuk "Eksploraksi" pada Minggu (18/05/14) bertempat di RT 11 Sangkuriang. Eksploraksi adalah kegiatan sosial yang dikemas dalam beberapa acara, yaitu pembagian sembako, operasi semut, sekolah sains, dan pembangunan jalan. Mulai pukul 06.30, Asrama ITB Sangkuriang telah dipadati oleh ibu-ibu dan anak-anak yang ingin mengikuti senam pagi. Setelah pembagian doorprize pada senam pagi selesai, Eksploraksi dibuka secara resmi oleh Ardhi Rasy Wardhana (Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan 2013) selaku Ketua Pelaksana Eksploraksi dan oleh Ketua RT 11 Sangkuriang.

Di tempat yang sama, sebagai bentuk kepedulian mereka kepada masyarakat yang kurang mampu, mahasiswa FTTM angkatan 2013 menyalurkan bantuan sembako kepada 102 keluarga dari Kampung 200 RT 11 Sangkuriang. Sembago yang dibagikan berupa minyak 1 L, mie instan, beras, kopi, dan gula.

Operasi semut selanjutnya diadakan di sembilan gang di kampung 200. Mahasiswa bersama warga bergotong-royong membersihkan permukiman. Operasi ini berlangsung hingga pukul 9 pagi. Di Asrama ITB Sangkuriang, anak-anak usia TK dan SD mengikuti acara Sekolah Sains yang dipandu langsung oleh perwakilah mahasiswa FTTM angkatan 2013. Ada enam percobaan yang diperagakan memakai prinsip ilmu fisika dan kimia.

Puncak dari Eksploraksi adalah pembuatan jalan yang menjadi akses warga dan mahasiswa dari Sangkuriang menuju Cisitu. Kondisi jalan ini sebelumnya hanya tanah dan cukup memprihatinkan. Padahal ini adalah jalan umum yang dilalui warga dan mahasiswa untuk mencapai akses angkutan umum di kawasan Cisitu. Oleh karena itu, panitia Eksploraksi memutuskan untuk melakukan pembuatan jalan beton di daerah tersebut. Mahasiswa bersama masyarakat bekerja sama dalam menyelesaikan proyek ini. Masyarakat pun tampak senang dengan diadakannya kegiatan ini. Salah seorang tokoh masyarakat pun mengakui bahwa acara seperti ini dibutuhkan untuk menggerakkan masyarakat agar memperhatikan lingkungan permukiman.

"Masyarakat memberikan respon yang sangat positif. Bahkan ada yang memberikan saran kepada kami bahwa hendaknya ada keberlanjutan dari kegiatan ini agar kebersihan lingkungan terus tetap terjaga. Saya pun kini mempunyai harapan agar Eksploraksi dapat terus berlanjut dari tahun ke tahun," ujar Ardhi.

Ardhi menyampaikan bahwa kegiatan ini tidak akan mungkin berlangsung tanpa adanya dukungan dana dari mahasiswa FTTM 2013 khususnya dan mahasiswa angkatan 2013 dari berbagai fakultas pada umumnya. Sebagian dari hasil dana usaha dari FTTM untuk acara makrab juga disumbangkan demi terselenggaranya Eksploraksi. Selain itu, ada pula masyarakat umum yang turut memberikan sumbangan melalui rekening panitia.

Sebagai pihak penyelenggara, FTTM 2013 juga mendapatkan banyak manfaat dari kegiatan ini. "Kita akhirnya bisa saling didik. Bahkan ini menjadi pengalaman pertama bagi beberapa mahasiswa untuk mencangkul, bercengkrama dengan anak kecil, dan berinteraksi dengan masyarakat umum. Selain itu, kami juga dapat membangun kebersamaan di internal kami sendiri," ungkap Ardhi.

"Tujuan utama acara Eksploraksi adalah menggugah teman-teman dari fakultas lain untuk mengadakan kegiatan yang serupa, yaitu mengabdi kepada masyarakat. Ada beberapa indikator yang telah ditetapkan untuk kesuksesan acara ini. Namun, bagi saya sendiri, acara kami sukses jika terbukti mampu menginspirasi fakultas lain untuk mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat juga," tutupnya.

 

*Dokumentasi oleh panitia Eksploraksi


scan for download