HIMA TG “TERRA” ITB Rayakan 26 Tahun Perjalanan Penuh Prestasi

Oleh Rayhan Adri Fulvian - Mahasiswa Teknik Geofisika, 2021

Editor M. Naufal Hafizh

HIMA TG “TERRA” ITB merayakan Dies Natalis ke-26 di TERRES DES HOMMES, Sabtu (13/7/2024). (Dok. HIMA TG “TERRA” ITB)

BANDUNG, itb.ac.id - Dies Natalis, berasal dari bahasa latin yang artinya hari kelahiran, dirayakan dengan penuh syukur dan kebahagiaan. Bagi Himpunan Mahasiswa Teknik Geofisika (HIMA TG) "TERRA" Institut Teknologi Bandung (ITB), Dies Natalis ke-26 ini bukan hanya sekadar peringatan hari kelahiran, tetapi juga momen refleksi atas perjalanan panjang dan prestasi yang telah dicapai sejak berdirinya pada tahun 1998.

Dengan bertambahnya usia, tentunya kedewasaan menjadi harapan, tidak hanya bagi individu tetapi juga bagi organisasi. HIMA TG "TERRA" ITB telah melalui berbagai tantangan dan pencapaian yang menguatkan eksistensi dan identitasnya. Dies Natalis ini menjadi kesempatan emas untuk mengenang awal mula terbentuknya himpunan, merenungkan perjalanan yang telah dilalui, serta merayakan semua pencapaian yang telah diraih.

Acara utama Dies Natalis ke-26 HIMA TG "TERRA" ITB dilaksanakan pada Sabtu (13/7/2024), di TERRES DES HOMMES, Sekretariat HIMA TG "TERRA" ITB. Berbagai kegiatan menarik dirancang untuk memeriahkan peringatan ini, antara lain potong tumpeng dan kue sebagai simbol rasa syukur dan perayaan, bermain games yang seru dan menarik, serta lomba kreatif seperti lomba caption dan video ucapan unik di media sosial.

Kilas balik perjalanan HIMA TG "TERRA" ITB selama ini menyoroti beberapa program kerja unggulan yang menjadi ciri khas dan kebanggaan himpunan ini. TERRA Adventure adalah kegiatan pembelajaran lapangan bagi anggota muda untuk mengaplikasikan metode geofisika dan pemetaan geologi. BANTENG (Bantuan TERRA untuk Negeri) terbagi menjadi bansos dan TERRA Cepat Tanggap (TCT), yang fokus pada bantuan sosial dan respons cepat terhadap bencana alam. KATA (Kampung Kita) adalah program jangka panjang pengabdian masyarakat di desa binaan, mengimplementasikan keilmuan geofisika untuk membantu mengatasi permasalahan desa.

Selain program kerja unggulan, HIMA TG "TERRA" ITB juga memiliki kegiatan bergengsi yaitu International Undergraduate Geophysics Competition (IUGC). Kompetisi ini diadakan dua tahun sekali dan bertujuan meningkatkan kesadaran mahasiswa dan siswa SMA tentang pentingnya menjaga kestabilan bumi. IUGC menjadi ajang kompetisi ilmiah yang mempertemukan para peserta dalam diskusi dan inovasi terkait geofisika.

Dengan semangat Dies Natalis ke-26 ini, diharapkan HIMA TG "TERRA" ITB dapat terus berkembang dan berkontribusi positif, tidak hanya bagi anggotanya tetapi juga bagi masyarakat luas.

Reporter: Rayhan Adri Fulvian (Teknik Geofisika, 2021)


scan for download