ITB Jatifest 2023 : ITB Sebagai Happy Place, Tempat Terbaik untuk Sekolah dan Berkarya

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita

JATINANGOR, itb.ac.id – Institut Teknologi Bandung (ITB), menggelar acara ITB Jatifest 2023 di ITB Kampus Jatinangor pada Sabtu (2/9/2023). Acara yang memiliki tema “Green Culture for the Better Future” ini dilaksanakan beberapa minggu usai ITB Kampus Jatinangor berfungsi sebagai pusat pembelajaran mahasiswa Tahap Persiapan Bersama (TPB).

ITB Jatifest 2023 dimeriahkan oleh serangkaian kegiatan yang menarik seperti fun run, pameran Unit Mahasiswa ITB, pameran pengabdian masyarakat, campus tour game, live music, fashion show, video mapping dan banyak acara menarik lainnya.

Acara ini secara resmi dibuka dengan opening ceremony oleh Rektor ITB, Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D. Memulai kata sambutannya, beliau mengungkapkan bahwa Kampus ITB Jatinangor merupakan amanah dari Provinsi Jawa Barat untuk dimanfaatkan sebesar-besarnya guna meningkatkan pendidikan di Jawa Barat hingga nasional. “Kampus yang indah ini masih memiliki banyak fungsi yang dapat dimanfaatkan oleh ITB,” ujarnya.

ITB terus berkomitmen untuk berperan aktif dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Sejalan dengan peran tersebut, ITB turut berkontribusi dalam pembangunan sumber daya manusia Indonesia, salah satu langkah yang telah diambil ITB adalah pengembangan program multikampus dan multidisiplin.

Dalam kesempatan ini, beliau juga turut menyampaikan tiga hal update yang sedang dikerjakan oleh ITB seperti meningkatkan program multidisiplin, memperkuat budaya ilmiah unggul, serta memperbesar dampak ITB. “Kita ingin memperbesar dampak ITB dengan turut memperbesar layanan, tidak hanya di Kampus Ganesha, tapi juga Kampus Jatinangor, Cirebon, hingga Jakarta,” tuturnya.

Saat ini, ITB Multikampus telah berada di empat lokasi, yaitu di ITB Kampus Ganesha, ITB Kampus Jatinangor, ITB Kampus Cirebon, dan terbaru di ITB Kampus Jakarta. Program ITB Multikampus ini merupakan bentuk nyata dari visi ITB sebagai “a locally relevant and globally respected university”.

Beliau berharap, ITB Jatifest 2023 menjadi ajang berkumpul untuk menciptakan atmosfer akademik serta suasana belajar-mengajar yang nyaman dan kondusif. Hal ini pun sejalan dengan ITB Kampus Jatinangor yang berfokus pada eco-campus serta sustainable living. “Semoga mahasiswa baru nyaman saat berada di kampus, kosan, serta kehidupan baru yang jauh dari orang tua,” ujarnya.

Mengakhiri kata sambutannya, Prof. Reini mengungkapkan bahwa ITB merupakan tempat yang dapat membawa kebahagiaan dan berbagai pengalaman, terhitung sejak pertama kali menginjakkan kaki di kampus. “Saya ingin pengalaman dan perasaan saya ini juga dapat dirasakan seluruh warga ITB, sebagai happy place, tempat terbaik untuk sekolah dan tempat terbaik untuk berkarya,” ungkapnya.

Sebagai informasi, ITB Jatifest 2023 juga sekaligus menjadi puncak dari rangkaian acara Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) yang telah dimulai pada Senin (14/8/2023) lalu. Hadirnya ITB Jatifest 2023 diharapkan dapat menambah semangat bagi para mahasiswa yang sedang menjalani TPB di ITB Kampus Jatinangor, serta memberikan pengalaman yang menyenangkan dan tak terlupakan bagi para hadirin yang berkunjung ke acara tersebut.

Reporter : Kevin Agriva Ginting, GD’20


scan for download