ITB Kembali Gelar Titian Karier Terpadu, Jembatani Mahasiswa dan Dunia Kerja

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita


BANDUNG, itb.ac.id – Institut Teknologi Bandung (ITB) melalui ITB Career Center resmi membuka acara Titian Karier Terpadu April 2024, yang dikenal juga dengan Integrated Career Days April 2024, pada Jumat (19/04/2024).

Acara yang diadakan dalam dua hari, 19-20 April 2024, di Sasana Budaya Ganesa (SABUGA) ITB tersebut mengundang hingga 20 mitra perusahaan baik dalam ataupun luar negeri yang turut membuka peluang karier bagi peserta yang hadir.

Titian Karier Terpadu yang merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Direktorat Kemahasiswaan ITB melalui Subdirektorat Pengembangan Profesi dan Kewirausahaan Mahasiswa atau lebih dikenal sebagai ITB Career Center.

Agenda ini tidak hanya menyediakan platform bagi perusahaan-perusahaan untuk mencari tenaga profesional, namun juga memberikan wadah bagi mahasiswa ITB yang memiliki minat dalam berwirausaha melalui Entrepreneurship Participant. Tidak ketinggalan, Scholarship Participant juga turut hadir memberikan informasi berkaitan dengan beasiswa S1, S2, maupun S3.

Pada pembukaan TKT April 2024 ini, turut dihadiri oleh Rektor ITB, Prof. Reini Wirahadikusumah Ph.D., dan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jawa Barat, Teppy Wawan.

Dalam sambutannya, Prof. Reini, Beliau mengingatkan pentingnya perbaikan berkelanjutan dalam mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi tantangan di dunia kerja.

“Kami selalu melakukan perbaikan dengan mendengarkan. ITB listens, selalu. Kami selalu mendengarkan, bahkan kami secara aktif mencari feedback, acara-acara pertemuan dengan para employer pun secara rutin dilakukan. Kami mempunyai sistem tracer study yang sangat komprehensif," tuturnya.

Beliau juga mengingatkan mengenai AIR ITB, yakni Adaptif, Integritas, Rendah Hati, Inisiator Kebaikan, Tangguh Berjuang, dan Berprestasi diridai Tuhan. Hal ini mengacu pada karakter inti yang ingin ditanamkan Institut Teknologi Bandung (ITB) kepada mahasiswa dan dosennya. Nilai-nilai ini dimaksudkan untuk membentuk intelektual berwawasan luas yang dapat memberikan kontribusi positif kepada masyarakat.

Sementara itu, Ketua panitia Titian Karier Terpadu ITB Oktober 2023 yang juga merupakan Kepala Subdirektorat Pengembangan Profesi dan Kewirausahaan ITB, Hafiz Azis Ahmad, S.Sn. M.Des. Ph.D., mengatakan bahwa kegiatan ini dimaksudkan untuk bisa menjembatani kebutuhan tenaga profesional dari mitra perusahaan dengan kehadiran lulusan dan alumni sekaligus bertepatan dengan akan diselenggarakannya Wisuda April 2024.

“Kami juga mengundang rekan-rekan mahasiswa peserta program PMWxTOP, yang merupakan (program hasil) kerja sama antara Ditmawa dengan LPIK ITB. Maupun juga rekan-rekan startup profesional yang tergabung dalam Business Iniative Movement (BIM) untuk bisa memberikan gambaran kepada para lulusan yang mungkin tertarik untuk mengembangkan karier di bidang wirausaha. Lalu, kegiatan TKT kali ini juga memberikan kesempatan kepada para calon job-seeker untuk melakukan konsultasi karier,” ujarnya Jumat (19/04/2024).

Menjelang prosesi wisuda ITB yang akan digelar pada akhir April 2024, ITB berkomitmen pun untuk memberikan kesempatan terbaik bagi para lulusan dan calon alumni untuk memasuki dunia kerja atau melanjutkan studi lebih lanjut.

“Jadi, kami membuka tiga booth untuk konsultasi karier dengan para psikolog, juga besok di hari Sabtu, kita juga akan melakukan pembukaan kegiatan PMWxTOP batch 1 tahun 2024. Nanti akan ada informasi dari Beasiswa LPDP yang di lakukan oleh LPDP Chapter ITB, juga ada sesi konsultasi karier, lalu juga (sekaligus) akan ada kesempatan untuk me-review CV,” tambah Hafiz.

Beliau berharap Career Days April 2024 dapat menjadi wahana yang memberikan dampak positif bagi para mahasiswa dan alumni ITB ataupun masyarakat secara umum dalam mempersiapkan diri menghadapi tantangan dunia kerja yang semakin kompetitif dan dinamis.

Pada kesempatan ini, sejumlah perusahaan, baik nasional maupun internasional, turut berpartisipasi dalam ITB Integrated Career Days April 2024, antara lain:
1. PT. Pertamina Patra Niaga
2. PT. Paragon Technology and lnnovation
3. Astra Group
4. Kapal Api Group
5. Coca-Cola Europacific Partners Indonesia
6. Triputra Group
7. China State Construction Overseas Development Shanghai
8. PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk
9. DMG Mori Indonesia
10. PT. Golden Tekstil Indonesia
11. PT. Fast Retailing Indonesia (Uniqlo)
12. PT. Pertamina Gas Negara (PGN)
13. PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk
14. China Construction Fourth Engineering Division Corporation Ltd.
15. PT. Ilmuwan Data Nusantara (Ilmu One Data)
16. China Metallurgical Group Corporation (MCC Group)
17. OCBC
18. PT. Mondelez Indonesia
19. AsiaQuest
20. PT. TBS Energi Utama Tbk (TOBA)

Reporter: Iko Sutrisko Prakasa Lay (Matematika 2021)


scan for download