ITB Sukses Gelar ATU-Net International Staff Week 2024

Oleh M. Naufal Hafizh

Editor M. Naufal Hafizh

BANDUNG, itb.ac.id - Institut Teknologi Bandung (ITB) melalui Biro Kemitraan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Asia Technological University Network (ATU-Net) International Staff Week (ISW) 2024, yang berlangsung di ITB Kampus Ganesha, Selasa-Kamis (11-13/6/2024). Mengusung tema "Nurturing Staff Competence for Internationalization", acara ini bertujuan untuk memfasilitasi pertukaran pengalaman dan peningkatan kompetensi staf, khususnya dalam konteks internasionalisasi, bagi para anggota ATU-Net.

Lebih dari 80 peserta dari berbagai negara dan institusi, termasuk Filipina, Indonesia, Malaysia, Thailand, Uzbekistan, dan Vietnam, mengikuti kegiatan ini. Selain staf ITB dari Biro Kemitraan, Fakultas/Sekolah, dan unit-unit lainnya, berikut adalah daftar negara dan institusi peserta ATU-Net ISW 2024:

• Filipina: Davao del Norte State College, Mindanao State University – Iligan Institute of Technology, Mindanao State University – Tawi Tawi College of Technology and Oceaography, University of Southeastern Philippines

• Indonesia: Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Airlangga, Universitas Brawijaya, Universitas Halim Sanusi, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Universitas PGRI Semarang, Universitas Sebelas Maret, Universitas Telkom

• Malaysia: Universiti Malaysia Pahang Al-Sultan Abdullah, Universiti Malaysia Perlis, Universiti Teknologi Malaysia, Universiti Tun Hussein Onn Malaysia

• Thailand: King Mongkut’s Institute of Technology Ladkrabang, King Mongkut’s University of Technology Thonburi

• Uzbekistan: University of Information Technologies and Management

• Vietnam: Phenikaa University

   

Dalam kegiatan ini terdapat sejumlah kegiatan, antara lain Keynote Speeches oleh Dr. Eng. Widyarini Weningtyas, S.T., M.T. dari Kelompok Keahlian Rekayasa Transportasi, Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan yang membahas tentang Sustainable Mobility, khususnya terkait penggunaan transportasi, dan Andika Putra Pratama, M.S.M., Ph.D. dari Biro Kemitraan yang berbagi pengalaman proses internasionalisasi di ITB, dengan fokus pada student mobility.

Selain itu, digelar Workshops oleh Dr. Annisa Jusuf yang membahas tentang crafting student mobility programs, dan Andika Putra Pratama, M.S.M., Ph.D. yang membahas intercultural competence. Dilaksanakan juga Roundtable Discussion oleh Ir. Alfend Rudyawan, S.T., M.Sc., M.T., Ph.D. yang memimpin diskusi tentang strategic partnerships.

   

Adapula Presentation Sessions dari para peserta yang dipimpin oleh Dr. Anindrya Nastiti, S.T., M.T. dan apt. Zulfan Zazuli, S.Farm., M.Farm., Ph.D. dari Biro Kemitraan yang mempresentasikan materi terkait keunggulan masing-masing institusi, serta Campus Tour dan Cultural Performance dari Perkumpulan Seni Tari dan Karawitan Jawa ITB. Selain itu, para peserta menampilkan materi-materi promosi dari masing-masing institusinya.

Seusai kegiatan, Sekretariat ATU-Net mengucapkan terima kasihnya atas suksesnya penyelenggaraan kegiatan ini. "This round of ISW is truly a benchmark in organising programmes in the future,” katanya.

   

Dengan penyelenggaraan ATU-Net ISW 2024 oleh ITB, diharapkan ITB sebagai salah satu pendiri, dapat lebih aktif dalam kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan ATU-Net agar keanggotaan dapat lebih bermanfaat. Selain itu, kegiatan International Staff Week ini dapat menjadi model yang dapat terus dikembangkan oleh ITB sebagai bagian penting dari proses internasionalisasi di ITB, khususnya bagi tenaga kependidikan ITB.


scan for download