Kawai ITB Sambut Bulan Ramadan dengan Gelar Kajian dan Buka Bersama Gratis

Oleh M. Naufal Hafizh

Editor -

Kawai ITB menggelar “Ramadhan ITB Cirebon” di Masjid Al-Maghfirah Arjawinangun, Kamis (14/3/2024). (Dok. Kawai ITB)

CIREBON, itb.ac.id - Keluarga Mahasiswa Islam (Kawai) ITB menggelar buka puasa bersama gratis yang diadakan di Masjid Al-Maghfirah Arjawinangun, Kamis (14/3/2024). Acara ini menjadi momen berharga bagi sivitas akademika untuk bersatu dalam kebersamaan dan kebersyukuran menjelang berbuka puasa di bulan Ramadan.

Sebelumnya, dilaksanakan kajian oleh Ketua Kawai ITB 2022/2023, Muhammad Ayyash Muharram, dengan tema "Harmoni Ramadan dalam Kehidupan Kemahasiswaan di Lingkungan Kampus".

Ayyash menjelaskan sejarah Gamais ITB dan Kawai ITB, serta pentingnya peran pemuda dalam konteks keislaman. Paparannya memberikan pemahaman mendalam tentang memperkokoh harmoni Ramadan di kampus dan menggugah semangat untuk berperan aktif dalam pengembangan keislaman di lingkungan mahasiswa.

Peserta acara Ramadhan ITB Cirebon menyimak kajian yang bertemakan “Harmoni Ramadan dalam Kehidupan Kemahasiswaan di Lingkungan Kampus". (Dok. Kawai ITB)

Selain kajian, kegiatan tersebut menawarkan pembagian takjil dan hidangan buka puasa. Takjil yang disediakan bukan hanya sebagai penyambutan berbuka, tetapi sebagai simbol kebersamaan dan berbagi kepada sesama.

“Alhamdulillah, hari ini berjalan lancar. Saya senang dengan antusiasme mahasiswa dan kinerja baik panitia. Respons positif masyarakat terhadap acara di Masjid juga membanggakan. Semoga kegiatan selanjutnya tetap sukses. Aamiin,” ujar Ketua Pelaksana Acara Ramadhan ITB Cirebon 2024, Syafrizal Hidayat.

Setelah selesai pelaksanaan salat Magrib berjamaah, kegiatan ditutup dengan pembagian makanan berat dan makan bersama dengan peserta.

Sebagai apresiasi dan dokumentasi, peserta mengabadikan momen tersebut disertai tagar #NgabuburitdiKampus, #RamadhanITBCirebon, dan #BukaBersamaITBCirebon di media sosial. Hal ini dilakukan sebagai upaya menyebarkan semangat kebersamaan dan nilai-nilai kebaikan Ramadan kepada masyarakat luas.

Dengan digelarnya Buka Puasa Bersama Ramadhan ITB Cirebon, diharapkan semangat kebersamaan, kerukunan, dan solidaritas akan terus terjaga dan menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kampus.

Reporter: Rayhan Adri Fulvian (Teknik Geofisika, 2021)


scan for download