MECHA 2012: Kemajuan Teknologi untuk Rakyat

Oleh Shinta Michiko Puteri

Editor Shinta Michiko Puteri

BANDUNG, itb.ac.id - Perkembangan teknologi makin pesat. Berbagai macam inovasi telah diciptakan, namun kemajuan teknologi saat ini tidak dirasakan secara merata oleh masyarakat. Hal tersebutlah yang mendorong Himpunan Mahasiswa Mesin (HMM) ITB untuk menggelar Mechanical's Charity Act (MECHA) 2012 pada 23-29 Januari 2012 mendatang.

Salah satu pengurus HMM ITB sekaligus Ketua Divisi Publikasi MECHA 2012, Matheus Budiawan Saputra (Teknik Mesin 2008) menilai, hanya kalangan tertentu yang merasakan kemudahan akibat kemajuan teknologi. Kemajuan ini tidak diikuti dengan kemudahan akses masyarakat atas teknologi. "Padahal masyarakat tidak hanya membutuhkan kemajuan teknologi, melainkan kemudahan dalam mendapatkannya," ungkap Matheus.

Matheus menambahkan, civitas akademika sekarang ini kurang memerhatikan masalah yang terjadi di masyarakat. Sementara, masyarakat berharap civitas akademika bisa berkiprah lebih banyak lagi dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi yang dekat dengan masyarakat.

Salah satu upaya untuk menjawab kebutuhan masyarakat, termasuk dalam akses ke teknologi, HMM ITB akan menggelar Mechanical's Charity Act (MECHA) 2012. Acara yang dimulai 23 hingga 29 Januari mendatang itu merupakan acara yang diselenggarakan oleh HMM ITB dengan berbagai kegiatan. "Misalnya, perancangan mesin pencacah sampah organik yang akan disumbangkan kepada Dinas Kebersihan Kota Bandung," kata Matheus.

MECHA 2012 juga akan diisi pameran pengabdian masyarakat yang dipusatkan di Lapangan Basket ITB. Pameran ini diikuti berbagai lembaga swadaya masyarakat (LSM) dan instansi seperti Badan Penanganan Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD), Komunitas Sahabat Kota, Garuda Youth Community, Peta Hijau Bandung, dan lainnya.
 
Ada juga Charity Booth yang dimulai 23 Januari dengan target menampung sumbangan barang-barang bekas yang masih layak pakai dari civitas akademika ITB. Lalu ada Engine Tune Up gratis, talk show, pameran fotografi, Mechanical Clinic, hingga panggung hiburan yang rencananya akan dimeriahkan Raisa dan band Netral. "Dalam Mechanical Clinic, HMM ITB bekerja sama dengan PMI untuk melakukan donor darah dan cek thalasemia. Kami juga bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran untuk mengadakan pemeriksaan gigi gratis," jelasnya.
 
Diharapkan, MECHA 2012 bisa menjadi solusi untuk menjawab beberapa permasalahan masyarakat. "Ini adalah aplikasi dari ilmu pengetahuan dan teknologi yang diharapkan bisa membantu masyarakat," tandasnya.

[Sumber: Okezone.com]


scan for download