Menguasai Konsep Adaptif: TFT Day 1 Bekali Trainer CDT ITB 2024
Oleh Hafsah Restu Nurul Annafi - Mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota, 2019
Editor M. Naufal Hafizh
BANDUNG, itb.ac.id - Sejumlah 240 trainer terpilih dari berbagai program studi di ITB berkumpul di Auditorium GKU 2, ITB Kampus Jatinangor, untuk mengikuti Training for Trainer (TFT) Day 1 Character Development Training (CDT) ITB 2024, Minggu (18/8/2024). TFT menjadi salah satu rangkaian wajib bagi para trainer yang bertujuan untuk memberikan pelatihan sekaligus mempersiapkan mereka agar mampu menyampaikan materi dengan baik ketika pelaksanaanya nanti.
CDT merupakan program unggulan ITB yang bertujuan membekali mahasiswa baru dengan pemahaman mendalam tentang karakter mahasiswa ITB dan kehidupan perkuliahan. Program ini dirancang untuk membantu mahasiswa baru beradaptasi dengan baik, membangun pondasi karakter yang kuat, dan mempersiapkan mereka menjadi individu yang berintegritas dan rendah hati.
Direktur Direktorat Kemahasiswaan ITB, D. Arch. Gregorius Prasetyo Adhitama, S.Sn., M.Sn., dalam sambutannya menekankan pentingnya peran CDT. "Kegiatan CDT sangat penting karena diberikan kepada mahasiswa baru yang mana memberi tahu cara belajar di lingkungan baru, disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa. Artinya topik CDT yang pertama adaptif menjadi sangat penting," ujarnya.
TFT Day 1 diisi dengan materi-materi disampaikan oleh Tim Psikolog ITB: Nyayu Nazihah Khairunnisa, S.Psi., M.Psi., Psikolog; Herdiana Muktikanti, S.Psi., M.Psi., Psikolog; Yaslina An'amta, S.Psi., M.Psi., Psikolog; dan Yusi Prasiwi, S.Psi., M.Psi., Psikolog.
Salah satu poin utama yang dibahas adalah konsep Adaptif yang merupakan salah satu pilar utama CDT. Tim Psikolog menjelaskan bahwa Adaptif adalah kemampuan individu untuk menyesuaikan diri dengan tuntutan akademis, sosial, pribadi, emosional, dan institusi. Konsep Adaptif kemudian diuraikan dalam lima modul utama:
• College Adjustment: Modul ini memfokuskan pada penyesuaian diri mahasiswa dengan perbedaan tuntutan di SMA dan perguruan tinggi. Trainer diajarkan cara menjembatani gap tersebut dan membantu mahasiswa baru memahami pentingnya penyesuaian diri;
• Academic Adjustment: Modul ini membahas tentang menetapkan tujuan akademik, bersikap proaktif dalam menyelesaikan tugas, dan menjalankan upaya penyelesaian tugas secara optimal. Para trainer diberikan bekal untuk membantu mahasiswa baru membangun strategi belajar yang efektif dan mengembangkan kebiasaan belajar yang konsisten;
• Institutional Adjustment: Modul ini membekali trainer dengan pengetahuan tentang nilai-nilai yang dianut di ITB. Mereka diajarkan bagaimana menanamkan komitmen mahasiswa baru terhadap tujuan institusi dan membangun rasa keterikatan dengan ITB;
• Social Adjustment: Modul ini membahas tentang pentingnya bersosialisasi, mengidentifikasi kekuatan dan hambatan pribadi dalam bersosialisasi, dan belajar beradaptasi dengan lingkungan perguruan tinggi. Trainer diberikan teknik dan strategi yang efektif untuk membantu mahasiswa baru membangun jaringan sosial yang positif dan mendukung;
• Emotional-Personal Adjustment: Modul ini mengajarkan trainer cara mengelola emosi dan diri dalam rangka beradaptasi di perguruan tinggi. Mereka dibekali dengan pemahaman tentang cara mengatasi tantangan dan masalah yang dihadapi mahasiswa baru, dan membantu mereka menemukan cara yang efektif dalam mengelola diri.
TFT Day 1 diakhiri dengan seminar “People Management 101” yang disampaikan oleh Ramdhan Fahrony, Experiential Learning and Support Network Lead Tanoto Foundation. Pada sesi ini Rony memaparkan mengenai beberapa hal seperti tip dalam managing team, penjelasan 5 levels of leadership menurut John Maxwell’s dan beberapa tips untuk mendapatkan level kepemimpinan yang ingin dicapai serta penjelasan mengenai conflict management model.
Reporter: Hafsah Restu Nurul Annafi (Perencanaan Wilayah dan Kota, 2019)