MoU ITB-DIT: Bentuk Jalinan Kerja Sama dan Silaturahmi Skala Internasional

Oleh Fatimah Larassati

Editor Fatimah Larassati

BANDUNG, itb.ac.id - Dalam rangka memperluas koneksi dan relasi akademik, ITB dan Dili Institute of Technology (DIT) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) atau Nota Kesepahaman sebagai bentuk realisasi kerja sama kedua pihak. Penandatanganan MoU ini dilaksanakan di Ruang Rapat Pimpinan A, Gedung Annex ITB pada Rabu (23/12/15). Selain kerja sama langsung dalam bidang akademik, penandatanganan MoU ini juga bertujuan untuk mempererat jalinan silaturahmi antara ITB dan DIT. Penandatanganan dari pihak ITB diwakili oleh Prof. Ir. Kadarsah Suryadi selaku Rektor ITB dan dari pihak DIT diwakili oleh Manuel Vong, PhD., selaku Rektor DIT.

Target kerja sama yang ingin dibangun ITB dan DIT ini antara lain dalam bentuk pertukaran dosen dan peneliti antara kedua institusi pendidikan, penulisan jurnal-jurnal penelitian dan akademik, serta pengabdian masyarakat melalui ilmu pengetahuan dan teknologi terutama di daerah perbatasan. Lebih lanjut lagi, kerja sama ini diharapkan agar ITB dapat menjadi rekan dan model bagi DIT dalam pengembangan program studi baru yaitu Project Management. "Kita ingin siapkan tenaga profesional di bidang manajemen proyek untuk peningkatan pembangunan dan infrastruktur di Timor Leste," ungkap Manuel Vong.

Pernyataan Manuel Vong tersebut turut diamini oleh Prof. Kadarsah. Beliau mengakui bahwa kunci utama untuk memajukan suatu negara adalah melalui peningkatan mutu Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pendidikan. Kadarsah juga mengungkapkan rasa terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh DIT kepada ITB untuk menjadi rekan dalam pengembangan Project Management sebagai program studi baru DIT. "Kolaborasi dalam bidang Project Management mudah-mudahan dapat dilakukan dengan pakar berpengalaman dari Teknik Sipil dan Teknik Lingkungan," ujar Kadarsah.

Kerja sama antara ITB dan DIT sebenarnya telah dijalin sejak sebelum MoU ini ditandangani, meskipun belum dengan label resmi. Kerja sama ini dapat dilihat dari banyaknya mahasiswa-mahasiswa Timor Leste yang melanjutkan studi di ITB dari berbagai jenjang, baik itu di program Magister maupun Doktoral. Mahasiswa-mahasiswa ini tersebar di berbagai program studi, salah satunya adalah Teknik Perminyakan dan Teknik Sipil. Adanya kerja sama ini juga sebagai bukti komitmen ITB di dunia pendidikan yang tak terbatas hanya pada skala nasional tetapi juga internasional, sekaligus merupakan tanggung jawab yang harus diemban dengan amanah demi mencetak generasi cerdas di masa yang akan datang.


scan for download