Pelatihan Teknologi Informasi oleh Comlabs ITB: Awalnya untuk Internal Namun Berskala Nasional

Oleh Ria Ayu Pramudita

Editor Ria Ayu Pramudita

BANDUNG, itb.ac.id - Berbagai kalangan mulai dari mahasiswa, umum, korporat, hingga pejabat pemerintahan telah banyak mengecap manfaat dari pelatihan yang diadakan oleh Comlabs ITB. Mulai dari mahasiswa baru ITB hingga pejabat pemerintahan dari Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Berbagai macam jenis pelatihan yang diberikannya berhasil memberikan manfaat kepada para peserta yang membuat mereka yakin untuk terus menggunakan layanan Comlabs.

Lembaga yang berada di bawah Unit Sumber Daya Informasi (USDI) ITB ini pada dasarnya didirikan untuk menjadi pusat pelayanan teknologi informasi bagi civitas akademika ITB. Comlabs menawarkan berbagai macam program pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk menyiapkan profesional yang handal dalam menangani persoalan-persoalan di bidang Teknologi Informasi (TI) yang dihadapi di ITB. Mulai dari program Workshop Teknologi Informasi dan Komunikasi (WTIK) bagi seluruh mahasiswa baru ITB, mengelola program pelatihan TI dan sertifikasinya, sampai dengan program layanan Akses Publik dan Akses WI-FI yang menyediakan sarana dan infrastruktur TI bagi mahasiswa dan forum pengembangan komunitas dan kolaborasi, Comlabs berhasil memberikan manfaat kepada ribuan civitas akademika ITB.

Saat ini, Comlabs telah melebarkan sayap. Tidak hanya melayani internal ITB, permintaan dari luar ITB pun berdatangan untuk menyediakan layanan yang sama. Institusi yang datang berlatih pun beragam, mulai dari kalangan akademisi, korporat, hingga pejabat pemerintahan. Pelatihan yang diberikan pun beragam, mulai dari bidang networking, aplikasi web, perancangan, dan pengembangan sistem, penguasaan perangkat administrasi perkantoran dan aplikasi pendukung, desain dan multimedia, dan Geographic Information System (GIS). Lengkapnya dapat dilihat pada situs resminya, ComlabsTraining.com

Sobari sebagai Account Executive Comlabs memaparkan bahwa Comlabs memberdayakan SDM terbaik untuk memberikan pelayanan tersebut, setidaknya harus lulus sarjana dengan kompetensi yang baik dalam bidang yang akan dilatihkan. Hasilnya sangat memuaskan, dalam hari yang sama dijalankan 3 pelatihan berbeda: workshop sistem informasi database Pemda berbasis web yang diikuti pejabat pemerintahan dari Cilegon, manajemen asset berbasis teknologi dengan peserta dari Kalimantan, dan pelatihan GIS. Pada sore harinya menyusul pelatihan reguler yang biasanya diikuti oleh mahasiswa.

Selain pelatihan secara langsung, Comlabs juga mendukung pendidikan dan pelatihan secara digital, lewat situs idelearning.com yang dikelola oleh Arif Bahtiar, yang terus mengembangkan konsep-konsep pembelajaran lewat dunia maya. Pelatihan pun sesungguhnya tidak selalu harus berbayar, Free Saturday Lesson (FSL) pun tersedia untuk khalayak umum yang ingin belajar bersama mengenai topik yang sedang dibahas.

Begitu dinamisnya Comlabs ini memang bukannya tanpa alasan. Comlabs mengusung visi besar agar Comlabs diakui sebagai layanan TI terbaik pada tataran Asia Tenggara dalam rangka mendukung program ITB menjadi World-Class University, sehingga penyempurnaan yang terus-menerus akan selalu dilakukan. Setelah menggenggam skala nasional, tentunya skala regional telah menunggu di depan mata.

scan for download