Sinergi SBM ITB dan 11 Mitra: Membangun Masa Depan Lebih Cerah melalui Dampak Sosial

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita


BANDUNG, itb.ac.id - Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung (SBM ITB) berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui kolaborasi dengan 11 mitra lewat Perjanjian Kerja Sama (PKS). PKS ini diresmikan pada Sabtu (25/5/2024) di Hotel Crowne Plaza, Bandung.

Kegiatan yang termasuk ke dalam rangkaian acara Ganesha Business Management Festival (GBF) 2024 ini dibuka oleh Dekan SBM ITB, Prof. Dr. Ir. Ignatius Pulung Nurprasetio, M.SME. Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa kolaborasi, sinergi dan inovasi menjadi kata kunci penting untuk memastikan pembangunan Indonesia yang berkelanjutan.

"Kami terus menerus berkolaborasi dan bersinergi dengan berbagai stakeholders, khususnya mitra industri agar dapat memberikan dampak sosial atau societal impact yang lebih luas. Sarana pendidikan tidak hanya bersandar pada dinding sekolah saja, tetapi juga melibatkan industri,” ujarnya.

Beliau juga menjelaskan mengenai satu mata kuliah baru pada program MBA ITB, yaitu Industry Based Learning. Program ini akan mengundang keterlibatan strategis dari industri dengan berbagai case study dan diskusi mendalam dengan mahasiswa kelas MBA.

"Program ini akan kami tawarkan untuk mahasiswa program MBA pada semester mendatang. Selain itu, program ini pun sangat strategis dan memberikan benefit untuk perusahaan untuk mendorong inovasi, mendapatkan diskusi dan masukan untuk case study, mengembangkan kurikulum, mendukung komersialisasi dan riset industri, serta tentunya untuk meningkatkan reputasi perusahaan," lanjutnya.

Sementara itu, Head of Communication, Admission and Industrial Relations SBM ITB, Dr. Nurlaela Arief, S.E., M.A.B., menjelaskan ruang lingkup dari Perjanjian Kerja Sama ini secara lebih dalam.

"Ruang lingkup kerjasama dengan Perusahaan PT Bukit Vista Nusantara, PT Heinz ABC Indonesia, PT Grant Thornton Indonesia, PT Bina Karya Prima, PT Feedloop Global Teknologi, PT Hints Global Investasi, meliputi kegiatan rekrutmen, internship, career fair, pelaksaan kuliah dosen tamu, peningkatan kualitas dan kompetensi sumber daya manusia melalui program executive education atau pendidikan program master atau yang dapat dilakukan secara inhouse maupun regular," ungkapnya.

Selain itu, ada pula kolaborasi dengan PT PLN Nusantara Power Up Cirata, yang mencakup pengembangan kurikulum business sustainability, mengembangkan program untuk community engagement melalui program bersama, mengembangkan program Tridharma Perguruan Tinggi yang terdiri dari pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Kemudian mitra atau knowledge partner untuk agenda societal impact dan mendukung pencapaian program AACSB (akreditasi international) untuk dampak lingkungan sosial dan tata kelola.

Kemudian ada pula kolaborasi dengan PT Trans Digital Media (Detik Jabar.com) dalam publikasi dan sosialisasi Tridharma Perguruan Tinggi. Dilanjutkan dengan kerja sama dengan PT Indosat Tbk yang berpartisipasi dalam proyek teknologi informasi dan komunikasi (ICT) untuk empowering Indonesia, program penghargaan untuk mahasiswa serta pemanfaatan dan pengembangan pusat pengalaman menakjubkan (Indosat Marvelous Xperience Center atau MX).

Tak hanya itu, SBM ITB pun bekerja sama dengan PT Amartha Nusantara Raya melalui program Mini SBM ITB X Amartha, yang memberikan akses belajar bagi siswa kurang beruntung. Tidak hanya berhenti sampai sini, masih banyak industri lain dengan bentuk kerjasama lain.

Employer Branding and Talent Acquisition Manager PT Heinz ABC Indonesia, Gugi Ramdani berharap dengan adanya dengan adanya kerja sama ini dapat semakin membantu pengembangan karier, terutama bagi fresh graduates.

“Kami berharap kolaborasi ini dapat membantu mengembangkan karir fresh graduates, berkontribusi dalam pengembangan kurikulum, dan pendidikan mahasiswa," ujarnya.

Di sisi lain, AVP-Head of West Java Group B2B Regional Enterprise Account PT Indosat Tbk, Erwin Ferdianto menyatakan kerja sama ini diharapkan mampu menciptakan talenta unggul yang siap bersaing di dunia kerja internasional.

Kemudian Senior General Manager TCUC PT Telekomunikasi Indonesia Tbk mengungkapkan bahwa pihaknya siap membuka kerja sama dalam kesempatan magang, join riset, dan kolaborasi lainnya di bidang akademik. “Kami akan berbagi kesempatan magang, sharing industri, joint riset, dan publikasi bersama," tuturnya.

Kolaborasi ini tak hanya bertujuan untuk manfaat dua pihak, tetapi juga demi kemajuan mahasiswa, masyarakat, dan bangsa Indonesia. Melalui sinergi ini, diharapkan mahasiswa SBM ITB dapat memperoleh pengalaman langsung dari industri, meningkatkan keterampilan yang relevan, dan mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan global


scan for download