Tim ITB Raih Prestasi di Ajang Cerdas Cermat BPKP Goes to Campus 2023

Oleh Adi Permana

Editor Vera Citra Utami


BANDUNG, itb.ac.id - Tim Mahasiswa ITB yang terdiri dari Nadya Izzati (12521025), Nur Rama Adamas (15020139), dan Hafsah Restu Nurul Annafi (15419091) meraih prestasi Juara 3 di ajang Cerdas Cermat yang diadakan oleh BPKP (Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan) Jawa Barat pada Kamis, 11 Mei 2023. Pada ajang Cerdas Cermat tersebut, Tim ITB berkompetisi dengan 6 tim lainnya yang berasal dari beberapa universitas se-Jawa Barat.

Cerdas Cermat BPKP Goes to Campus 2023 merupakan kegiatan yang baru pertama kali diadakan dalam rangka menyambut HUT ke-40 BPKP. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan stakeholder's awareness and engagement atas peran serta kontribusi BPKP di kalangan akademisi atau dunia pendidikan. Selain itu, ajang ini bermanfaat sebagai media membangun hubungan yang baik antara BPKP dengan berbagai perguruan tinggi untuk menjalin sinergi dan kolaborasi bersama dalam mewujudkan pengawasan yang adaptif untuk pertumbuhan yang berkelanjutan.

Adapun, persiapan Tim Mahasiswa ITB sebelum ajang pertandingan tersebut tentunya berusaha mempelajari materi yang diberikan dan berlatih bersama dengan waktu yang terbatas karena sedang di masa Ujian Akhir Semester. Meskipun demikian, Tim ITB tetap melakukan usaha terbaiknya dan meraih juara ketiga.

“Jadi, sebelum pertandingan tersebut kami menyisihkan waktu untuk berlatih bersama seperti lomba cerdas cermat umumnya dan menyiapkan strategi. Selain itu, banyaknya dukungan dari lingkungan sekitar membuat kami semakin semangat untuk berusaha memberikan yang maksimal,” kata Hafsah saat wawancara. Sebab, tim perwakilan ITB ini tentunya didukung dengan kehadiran suporter yang berasal dari Ditmawa ITB beserta Asisten Asrama untuk menyemangati di perlombaan tersebut.

Tim Mahasiswa ITB berhasil bersaing sengit dengan tim-tim dari berbagai universitas tersebut dan menyabet juara ketiga setelah melalui tahapan ketat melalui 2 babak yaitu pertanyaan wajib dan rebutan. Menurut Hafsah, salah satu perwakilan mahasiswa ITB pada ajang Cerdas Cermas BPKP Goes to Campus 2023 ini, banyak pengalaman berharga dan berkesan selama bertanding.

"Kami sebagai satu tim banyak belajar mengenai kerja sama dan strategi untuk bertanding saat itu, meskipun awalnya sempat kehilangan poin karena kendala teknis tetapi dengan usaha bersama akhirnya berhasil menambah poin hingga tahap akhir. Selain itu, ajang cerdas cermat ini juga meningkatkan pengetahuan kami mengenai value dan kontribusi BPKP secara umum sehingga sangat bermanfaat tentunya," pungkasnya.

Reporter: Stefany Septiawati Nababan (Perencanaan Wilayah dan Kota, 2021)


scan for download