4 Bulan Magang di ITB, 21 Dosen Program MDPT Kembali ke Kampus Asal

Oleh Adi Permana

Editor -


BANDUNG, itb.ac.id—Program Magang Dosen ke Perguruan Tinggi (MDPT) di Institut Teknologi Bandung (ITB) hari ini (25/11/2022) resmi ditutup. Program ini diikuti oleh 21 dosen magang dari berbagai perguruan tinggi di berbagai daerah di Indonesia yang berlangsung selama 4 bulan dari Agustus s.d. November 2022. Program MDPT merupakan salah satu perwujudan dari program MBKM yang diusung oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kemendikbud Ristek, di mana Institut Teknologi Bandung menjadi salah satu Perguruan Tinggi Pembina.

Acara penutupan ini dihadiri oleh 21 dosen magang, serta hadir pula Dr. Ir. Gusti Ayu Putri Saptawati S., M.Comm., selaku Wakil Rektor Bidang Sumber Daya, Dr. Dea Indriani Astuti, S.Si., selaku Direktur Kepegawaian ITB, dan Prof. Dr. Ir. Komang Anggayana, M.S., selaku Narasumber Tim Pengelola Program MDPT.

Dalam sambutannya, Prof. Komang menyampaikan bahwa semua peserta MDPT telah mengikuti program magang selama empat bulan ini dengan baik, yakni dengan mempelajari materi tentang pengelolaan perguruan tinggi, pendidikan-pengajaran, penelitian, pengabdian pada masyarakat, dan pengembangan kerja sama antarlembaga.

Para peserta juga diajak untuk berkeliling Kota Bandung dan sekitarnya untuk memperkenalkan budaya, tidak lupa diajak pula ke Kampus ITB Cirebon, Kampus ITB Jatinangor, Observatorium Bosscha, dan beberapa objek wisata di sekitarnya. Bahkan, beberapa di antaranya diperkenalkan kepada calon promotor, karena di antara para peserta ada yang berminat untuk melanjutkan studi S3 di ITB.

Foto bersama peserta MDPT dengan Wakil Rektor Bidang Sumberdaya, Direktur Kepegawaian, dan Narasumber Tim Pengelola Program MDPT. (Foto: Adi Permana)

Salah satu peserta program MDPT, Theresia Wihelmina Mado, dari Universitas Nusa Nipa, Nusa Tenggara Timur, menyampaikan rasa terima kasih atas penyambutan dan pembinaan yang diberikan oleh ITB selaku perguruan tinggi pembina. “Saya harap silaturahmi kita tetap terjaga, baik di antara kita dengan pihak ITB, atau dengan kita sesama peserta program magang. Rasanya banyak ilmu yang kami dapatkan, semoga kami bisa mengikuti langkah walau tidak mungkin menyamai,” tuturnya.

Theresia Wihelmina Mado, salah satu peserta program MDPT dari Universitas Nusa Nipa, Nusa Tenggara Timur. (Foto: Adi Permana)

Wakil Rektor Bidang Sumber Daya, Dr. Gusti Ayu Putri, menyampaikan terima kasih telah mempercayai ITB. “Prinsipnya itu tak ada gading yang tak retak, silakan bawa hal-hal positif yang ada di ITB ke tempat Bapak/Ibu, dan yang jelek-jeleknya mohon dijadikan sebagai lesson learned,” ujarnya. Beliau berharap program magang ini ke depannya bisa kembali diadakan dan ada improvement di setiap tahunnya.

Wakil Rektor Bidang Sumberdaya, Dr. Ir.Gusti Ayu Putri Saptawati S, M.Comm. (Foto: Adi Permana)

Reporter: Vera Citra Utami


scan for download