Gagas Aplikasi untuk Bantu Manajemen Keuangan, M. Alfren Rolegian Juara 1 Lomba Esai Nasional FUNVEST 2024

Oleh M. Naufal Hafizh

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id — Mahasiswa Oseanografi angkatan 2021, Institut Teknologi Bandung (ITB), Muhamad Alfren Rolegian meraih juara pertama pada Lomba Esai Nasional FUNVEST yang diselenggarakan Indonesia Banking School, Sabtu (18/5/2024). Mengusung tema “The Importance of Financial Planning for Young Generation to Successful Investing”, lomba esai ini diikuti puluhan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Ketertarikan Alfren pada lomba ini karena tema yang diangkat berkaitan dengan ekonomi dan keuangan, khususnya bagi generasi muda.

“Pada lomba ini, aku menciptakan FinSmart, sebuah aplikasi terintegrasi yang dapat mewujudkan kebutuhan manajemen keuangan secara menyeluruh dalam satu platform,” katanya.

Dengan idenya tersebut, Alfren berharap aplikasi FinSmart dapat membantu tidak hanya dirinya tetapi juga mayoritas anak muda lainnya dalam memanajemen keuangan. Dia juga menyoroti maraknya penggunaan layanan pay later, pinjaman online, dan judi online di kalangan anak muda yang dinilainya bisa berdampak terhadap ekonomi pengguna jika tidak diimbangi dengan kontrol emosi yang baik. FinSmart pun dirancang untuk membantu pengguna dalam membangun kebiasaan keuangan yang sehat.

Dalam prosesnya, dia melakukan riset dengan memperhatikan permasalahan yang dekat dengan lingkungannya. Alfren membaca banyak artikel serta memahami peraturan perundang-undangan untuk memperkuat pemahamannya terkait topik keuangan.

Alfren berharap ide yang dibawakannya memiliki nilai kebermanfaatan untuk orang lain. “Aku berharap suatu hari nanti ideku bisa diaplikasikan di masyarakat, bisa membantu banyak orang dan mewujudkan negeri yang adil makmur dan sejahtera,” katanya.

Reporter: Indira Akmalia Hendri (Perencanaan Wilayah dan Kota, 2021)


scan for download