340 Mahasiswa KKN-D ITB 2024 Implementasikan Ilmu untuk Masyarakat dan Pembangunan Desa di Purwakarta

Oleh Ahmad Faujan - Mahasiswa Oseanografi, 2021

Editor M. Naufal Hafizh

PURWAKARTA, itb.ac.id - Institut Teknologi Bandung (ITB) melalui Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) ITB menyelenggarakan Kuliah Kerja Nyata Karsa Desa (KKN-D) yang dilaksanakan pada 6-27 Agustus 2024. Acara pembukaan KKN-D diadakan pada Selasa (6/8/2024) di Pendopo Maya Datar Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Kegiatan ini dihadiri sejumlah pejabat, termasuk Penjabat Bupati Kabupaten Purwakarta, Drs. Benni Irwan, M.Si., M.A., Direktur Kemahasiswaan ITB, D. Arch. G. Prasetyo Adhitama, S.Sn., M.Sn., Sekretaris Daerah Kabupaten Purwakarta, Kepala Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan Kabupaten Purwakarta, Kepala Sub Direktorat Organisasi Mahasiswa dan Pengembangan Prestasi Mahasiswa, Dr. Epin Saepudin, M.Pd, serta para Dosen Pembimbing, staf Direktorat Kemahasiswaan ITB, dan perwakilan dari PT Jasa Raharja dan PT Coca Cola.

Ketua Pelaksana KKN, Kireina Az-Zahra Alodya (Desain Produk, 2021) , mengungkapkan terima kasih kepada pihak pemerintah, sponsor, dan tim panitia. Dirinya mengapresiasi semangat peserta yang mengikuti seleksi panjang dan siap melaksanakan program sesuai dengan target. "Walaupun KKN ini tidak wajib, kami bangga melihat 340 peserta yang siap berkontribusi. Semoga ini menjadi awal yang baik untuk generasi mendatang," tuturnya.

Direktur Kemahasiswaan ITB, D. Arch. G. Prasetyo Adhitama, S.Sn., M.Sn, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini. Beliau menekankan bahwa KKN adalah kesempatan untuk mahasiswa mengimplementasikan multidisiplin ilmu dan berfokus pada keselamatan selama kegiatan. "Kami berharap mahasiswa bisa mengatasi tantangan yang ada dengan metode yang tepat, sambil menghormati adat istiadat setempat," katanya.

   

Pj. Bupati Purwakarta, Drs. Benni Irwan, M.Si., M.A., juga mengucapkan terima kasih atas pemilihan Desa Parungbanteng, Kabupaten Purwakarta, sebagai lokasi KKN. "Ini adalah kehormatan bagi kami. Kami berharap KKN ini akan memberikan dampak positif dan bermanfaat bagi masyarakat di desa-desa yang menjadi lokasi program," ujarnya. Beliau juga menekankan pentingnya KKN sebagai media untuk mengimplementasikan ilmu dalam kuliah serta untuk membentuk generasi pemimpin dan agen perubahan di masa depan.

   

Sebagai simbolis, dilakukan pemakaian topi oleh pihak Ditmawa dan Pj. Bupati kepada perwakilan peserta KKN dan penyerahan cendera mata dari Pemerintah Kabupaten Purwakarta kepada Ditmawa ITB dan saling bertukar cendera mata antara kedua belah pihak. Selain itu, dilakukan pembagian sponsor dari PT Jasa Raharja dan PT Coca Cola untuk tema-tema program KKN, seperti desa wisata, air bersih, dan bisnis.

Dengan kegiatan KKN-D ini, ITB berharap dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam pembangunan masyarakat dan desa, sekaligus melatih mahasiswa untuk menjadi pemimpin yang peduli dan bertanggung jawab. KKN 2024 tidak hanya sebagai ajang pengabdian, tetapi juga sebagai peluang bagi mahasiswa untuk mengasah keterampilan dan membentuk karakter.

Reporter: Ahmad Faujan (Oseanografi, 2021)


scan for download