4th International Graduate School Conference, Ajang Diseminasi Hasil Penelitian Mahasiswa Pascasarjana ITB

Oleh Adi Permana

Editor Adi Permana


BANDUNG, itb.ac.id—Dalam rangka memfasilitasi mahasiswa pascasarjana untuk mempresentasikan dan mempublikasikan hasil penelitiannya, Institut Teknologi Bandung (ITB) kembali menyelenggarakan International Graduate School Conference (IGSC), Kamis (6/7/2023) lalu.

Pada tahun ini, IGSC mengusung tema Innovation and Discovery for Sustainability. Konferensi ini digagas oleh Sekolah Pascasarjana (SPs) ITB dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) ITB. Sebagai informasi tambahan, kegiatan ini diadakan sebagai media publikasi ilmiah mahasiswa pascasarjana ITB yang berbasis tesis dan disertasi.

Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Alsi ITB ini diikuti oleh 74 peserta dari berbagai bidang. Terdapat 37 peserta presentasi lisan dan 37 peserta presentasi poster. Mereka berasal dari ITB dan universitas lainnya.

Ketua Pelaksana IGSC Faizal Imaddudin Wira Rohmat, S.T., M.T., Ph.D., mengatakan, “Kami berharap format yang dipilih akan mendorong pertukaran ide-ide baru dan penelitian dan ekosistem yang positif terutama di kalangan mahasiswa kami,” ujarnya saat memberikan sambutan.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITB, Prof. Dr. Ir. Jaka Sembiring, M.Eng., menyampaikan harapannya agar kegiatan ini dapat mendukung kemajuan perkembangan sains dan teknologi di Indonesia.

Seperti pada kegiatan IGSC sebelumnya, pada konferensi kali ini mengundang narasumber dari dalam maupun luar negeri. Adapun yang menjadi keynote speaker pada IGSC tahun ini adalah Dr. Chatief Kunjaya, M.Sc., Associate Professor dari Institut Teknologi Bandung, Lt. Ts. Dr. Nur Azam Abdullah Ceeng. MIMechE,. Assistant Professor dari International Islamic University Malaysia, dan Dr. Eng. Theeraphong Srichiangsa Lecturer dari Kasetsart University, Thailand.

Pada akhir konferensi, diumumkan beberapa peserta yang berhasil memenangkan penghargaan dari masing-masing kategori, yaitu :

Best Oral Presentation
1. Novita Sari Siregar (Fakultas Teknologi Industri) dan Agatha Cecilia Hutahaean (Fakultas Teknologi Industri)
2. Megawati Fratiwi (Fakultas Teknologi Industri)

Best Poster
1. Jeane Wanggai (Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan)

Favorite Poster
1. Regina Dio Oriandra

Reporter: Arif Hermawan (Teknik Sipil, 2021)


scan for download