AMI 2014: Wujudkan Mimpimu di Kampus Ganesha

Oleh Nida Nurul Huda

Editor Nida Nurul Huda

BANDUNG, itb.ac.id - Sebagai dukungan penuh pada program pemerintah tentang Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2014 (SNMPTN 2014), Kementrian Koordinator Advokasi dan Kaderisasi dengan sub-bidang Kesejahteraan Mahasiswa dibawah  Kabinet Keluarga Mahasiswa ITB (KM-ITB) menyelenggarakan sebuah rangkaian acara Aku Masuk ITB 2014 (AMI 2013) dengan periode Desember 2013 -Februari 2014.

AMI 2014 merupakan acara tahun ke tahun yang diselenggarakan oleh Kabinet KM-ITB bekerjasama dengan Rektorat dan Lembaga Kemahasiswaan ITB, dan sekarang merupakan tahun keempat. AMI 2014 sendiri bertujuan untuk memotivasi anak-anak Indonesia, khususnya tingkat SMA/SMK/MA  agar memiliki kesadaran dan semangat untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi.

Tidak hanya itu AMI 2014 juga mensosialisasikan segala hal mengenai ITB, mulai dari ketentuan ITB pada pelaksanaan SNMPTN 2014, pengenalan fakultas dan sekolah, biaya pendidikan, informasi beasiswa sampai kehidupan para teman-teman di ITB.  "Sampai saat ini masih banyak adik-adik kita yang minim informasi mengenai perguruan tinggi. Masih banyak simpang siur di masyarakat yang mengira bahwa ITB merupakan kampus eksklusif. Oleh karena itu, melalui AMI 2014 kami ingin mengubah paradigma tersebut bahwa kampus ITB merupakan kampus seluruh kalangan," tegas M. Pramaditya Garry  (Teknik Material), Ketua Pelaksana AMI 2014.

Untuk mewujudkan hal tersebut, serangkaian acara berhasil dilaksanakan oleh AMI 2014 diantaranya ITB Goes to School, Surat Cinta Untuk Indonesia (SCUI), dan Lomba Mengarang Bebas. Sementara itu, rangkaian acara AMI 2014 sendiri akan ditutup dengan acara puncak ITB Day.

ITB Goes to School, SCUI, dan Lomba Mengarang Bebas

ITB Goes to School merupakan rangkaian acara AMI 2014 yang bekerjasama dengan Paguyuban dan Ikatan Alumni Sekolah yang berisikan mahasiswa dari berbagai daerah yang berkuliah di ITB. Sampai saat ini terdapat 70-an paguyuban dengan daerah yang tersebar di seluruh Indonesia.  Acara ITB Goes to School sendiri berupa roadshow ke sekolah-sekolah  untuk mensosialiasikan ITB. Hingga saat ini, ITB Goes to School telah berhasil menjangkau 70% provinsi di Indonesia.

SCUI merupakan booklet yang berisikan sekilas mengenai ITB, program studi yang ada di ITB, fasilitas dan kegiatan di ITB,  informasi besiswa,  kisah motivasi mahasiswa berprestasi di ITB, biaya hidup di Kampus Ganesha dan Jatinangor. Sampai saat ini SCUI telah tersebar sebanyak 11.000-11.500 eksemplar di seluruh Indonesia melalui ITB Goes to School.

Panitia AMI 2014 juga mengadakan Lomba Mengarang Bebas  untuk siswa SMA atau se-Derajat tingkat akhir yang menceritakan kehidupan sehari-hari peserta, alasan masuk ITB, cita-cita dan apa yang akan dilakukan peserta jika masuk ITB nanti. Pemenang akan diumumkan pada acara puncak ITB Day. Pada kegiatan AMI tahun ini, panitia juga melakukan pendataan dan pendampingan berkala bagi siswa yang ingin melanjutkan kuliah ke ITB. Pendampingan tersebut disebut dengan SMS Blast. Melalui program tersebut dimungkinkan komunikasi satu arah antara panitia dan siswa.

ITB Day, Puncak AMI 2014

ITB Day merupakan acara puncak AMI 2014 yang akan diselenggarakan pada Sabtu (22/02/14) bertempat di ITB. Dengan target 3000 siswa SMA dari seluruh Indonesia. Tahun ini AMI 2014 akan melaksanakan seminar dan Education Fair. Dalam seminar nanti akan ada beberapa sesi yang tentunya menghadirkan tokoh inspiratif. Sedangkan dalam Education Fair akan ada stand-stand dari seluruh himpunan mahasiswa jurusan di ITB dan stand-stand beasiswa seehingga segala informasi mengenai jurusan dan biaya pendidikan dapat terakses dengan mudah.

Dengan adanya AMI 2014 ini, diharapkan pintu-pintu mimpi anak-anak Indonesia dapat terbuka lebar. Tak ada lagi keraguan untuk mengenyam pendidikan tinggi yang lebih baik. "Pendidikan itu bukan hak, tapi Janji Kemerdekaan. ITB itu bukan kampus eksklusif, tapi kampus semua kalangan yang mau berjuang," pesan AMI.


scan for download