Asrama ITB Gelar Eksperimen Sains Sederhana bagi Anak-anak, Kenalkan Mitigasi Bencana Erupsi Gunung Berapi

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita


BANDUNG, itb.ac.id - Asrama Institut Teknologi Bandung (ITB) kembali mengadakan program "Asrama Mengajar" dengan bahasan eksperimen sains sederhana mengenai erupsi gunung berapi kepada anak-anak di sekitaran Asrama ITB beberapa waktu lalu. Mereka diajarkan konsep dasar gunung berapi, erupsi, dan dampaknya pada lingkungan sekitar.

Eksperimen sains sederhana itu disajikan melalui replika gunung berapi. Anak-anak dilibatkan oleh tutor dan penghuni asrama dalam pembuatan replika tersebut dari tanah liat. Mereka pun belajar tentang proses erupsi, bahayanya, serta langkah-langkah yang perlu diambil jika hal itu terjadi.

   

Kegiatan yang merupakan bagian dari Tridarma Perguruan Tinggi ini dilakukan bersamaan di empat asrama ITB, yaitu Asrama Sangkuriang, Asrama Kidang Pananjung, Asrama Kanayakan, dan Asrama Jatinangor di TPQ Al-Jariyah Ciseke.

Program ini memberikan edukasi dan membantu anak-anak memahami fenomena alam yang bisa berdampak besar pada lingkungan.

Melalui "Asrama Mengajar," Asrama ITB berperan aktif dalam pengabdian masyarakat dan pendidikan, membantu anak-anak lebih memahami dunia sains dan alam, serta membangun kesadaran akan pentingnya mitigasi bencana alam.

Reporter: Iko Sutrisko Prakasa Lay (Matematika, 2021)

Dokumentasi: Arsip Asrama ITB

Editor: M. Naufal Hafizh


scan for download