Asrama ITB Terima Kunjungan Studi Banding dari Asrama Universiti Kebangsaan Malaysia

Oleh Adi Permana

Editor Adi Permana


BANDUNG, itb.ac.id –Asrama Institut Teknologi Bandung (ITB) menerima kunjungan studi banding dari Asrama Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM), Senin (5/6/2023). Studi banding ini merupakan program rutin Asrama ITB dengan asrama di beberapa kampus dari Malaysia dan Singapura.

Kunjungan pertama yang dilakukan sejak pandemi COVID itu, bertemakan “Mobility Exchange Programme”. Acara tersebut diikuti oleh Asrama ITB dan Asrama UKM. Perwakilan Asrama ITB dihadiri oleh Direktorat Kemahasiswaan (Ditmawa) ITB, Direktorat Sarana dan Prasarana (DITSP) ITB, Asisten dan Tutor Asrama ITB.

Perwakilan Ditmawa ITB di antaranya Ir. Hendri Syamsudin, M.Sc., Ph.D., selaku Kasubdit Bimbingan dan Konseling; Nanan Hendayana, A.Md., SAP., selaku Kepala Seksi Pengembangan Karakter; dan Tian Alamsyah, staf Ditmawa ITB. DITSP diwakili oleh Rena Muhammad Tohirin, S.Si., M.T., selaku Kepala Seksi Layanan Hunian (Rumah Transit/Asrama dan Tenan). Adapun Asisten dan Tutor Asrama yang hadir yaitu Muhammad Arif Mappe Amir, Muh. Umar Thoriq, Irma Septina Sitorus Pane, Josua Kambani Panggabean, dan Hafsah Restu Nurul Annafi. Sementara itu, pihak UKM yang hadir antara lain Rahimi, Fit, dan sekitar 18 mahasiswa pengurus Asrama UKM.

Bertempat di Gedung Center for Advance Sains (CAS), acara dibuka dengan sambutan penerimaan oleh Kasubdit Bimbingan Konseling, Ir. Hendri Syamsudin, M.Sc., Ph.D., dan dilanjutkan dengan penyampaian profil Asrama ITB oleh Asisten dan Tutor Asrama ITB.

Dalam pemaparannya, Asisten dan Tutor Asrama ITB ini berfokus pada Pengelolaan dan Pembinaan Karakter Berbasis Asrama. Dimulai dari penayangan video profil, penjelasan sejarah asrama, pembinaan hingga kepenghunian Asrama ITB.

Di akhir presentasi, pihak Asrama ITB berharap mampu mempertahankan silaturahmi dengan UKM. “Semoga ke depannya, kita dari Asrama ITB bisa bergantian mengunjungi UKM,” ujar Muhammad Arif Mappe Amir selaku Asisten dan Tutor Asrama.

Setelah sesi pemaparan, dilanjutkan sesi tanya jawab, pemberian cenderamata, foto bersama dan makan siang. Sebelum meninggalkan ITB, pihak Asrama UKM diajak berkeliling kampus ITB Ganesha, termasuk berfoto di spot ikonik yakni Plaza Widya.

Reporter: Hafsah Restu Nurul Annafi (Perencanaan Wilayah dan Kota, 2019)


scan for download