Cerita di Balik Jingle Duta Kampus ITB 2023 "Citra Ganesha"

Oleh Helga Evangelina - Rekayasa Pertanian, 2021

Editor M. Naufal Hafizh

Tangkapan layar Official Video Jingle Duta Kampus ITB 2023. (YouTube Direktorat Kemahasiswaan ITB)

BANDUNG, itb.ac.id — Duta Kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) memperkenalkan karya terbarunya video jingle "Citra Ganesha" yang mencerminkan nilai-nilai yang diusung para Duta Kampus ITB sebagai cerminan ITB, yaitu character, brain, dan behavior.

Pada tahun ini, video klip jingle menonjolkan talenta dan budaya dari para duta, misalnya di adegan awal yang menampilkan tarian tradisional. Hal itu karena banyak dari para Duta Kampus ITB 2023 memiliki kemampuan dan bakat dalam bidang budaya dan tari.

Adapun, para Duta Kampus ITB periode 2023/2024 terdiri atas:

1. Wildan Firmansyah dan Ghifalda Annisa Desomsoni sebagai Duta Wirausaha;

2. Dilpa Nur Saputra dan Aghniyya Rahmatillah sebagai Duta Literasi;

3. Mochammad Bintang Naufal dan Adnein Hasna Al-Achyar sebagai Duta Persahabatan dan Well-being;

4. Ghifari Jauhar Yajri dan Bihurin Salsabila Firdaus sebagai Duta Multikampus;

5. Firendy Anriki dan I Dewa Ayu Andina Angelia sebagai Duta Intelegensia;

6. Dimas Rama Dhinata dan Stefany Septiawati Nababan sebagai Duta Inspiratif;

7. Rafly Akbar dan Jasmine Exa Kamilia sebagai Duta Antarbangsa.

Pembuatan jingle ini melewati beberapa tahapan, mulai dari pengumpulan ide hingga produksi final.

Proses ini berlangsung dari Mei hingga Juni 2024 dan dipublikasikan pada Juli 2024. Proses kreatif dan manajemen pembuatan jingle dikoordinasikan oleh Tim Manajer Duta Kampus ITB 2023/2024 yang terdiri atas Muhammad Arif Mappe Amir, S.Ars.; Hafsah Restu Nurul Annafi, S.T.; Noer Sela Rahman Faza, S.T.; dan Graciela Arietha Wilhelmina (Rekayasa Pertanian 2021).

Semua Duta Kampus berkesempatan untuk menuangkan ide dan konsep video jingle. Setelah itu, storyboard dibuat oleh Koordinator Tim Manager Duta Kampus ITB 2023/2024, Muhammad Arif Mappe Amir, S.Ars. Sementara video production dilakukan oleh mahasiswa Teknik Sipil angkatan 2020, Fikri Khoirul Ummam Shiddiq. Setelah melalui tahap editing dan finalisasi, jingle akhirnya dipublikasikan.

Kontributor Pembuatan Official Video Jingle Duta Kampus ITB 2023 (Sumber: YouTube Direktorat Kemahasiswaan ITB)

Salah satu tantangan terbesar selama proses pembuatan video adalah pengaturan jadwal yang bersamaan dengan pekan UAS. Meski begitu, kerja keras dan kolaborasi yang baik memungkinkan proyek ini berjalan dengan lancar dan selesai tepat waktu.

Pengalaman dalam pembuatan jingle ini memberikan kesan yang mendalam bagi para Duta Kampus. “Tentunya aku senang, soalnya bisa masuk YouTube buat jadi talent di videonya. Kami juga bisa meneruskan karya dari Duta Kampus periode sebelumnya,” kata Duta Intelegensia ITB 2023, Firendy Anriki.

Lokasi pengambilan video jingle dominan di kampus, dengan harapan jingle ini tidak hanya dapat memperkenalkan ITB dan para Duta Kampus kepada masyarakat, tetapi juga dapat mempromosikan nilai-nilai dan semangat yang dijunjung tinggi oleh ITB.

"Karena ini salah satu karya Duta Kampus, aku berharap massa kampus ITB dan masyarakat luar mengetahui seluk-beluk dan nilai yang dijunjung ITB dan Duta Kampus ITB melalui video ini,” kata Firendy.

Dengan peluncuran jingle “Citra Ganesha”, Duta Kampus ITB 2023 menghadirkan karya yang tidak hanya menghibur tetapi juga menginspirasi.

Reporter: Helga Evangelina (Rekayasa Pertanian, 2021)


scan for download