Menuju Tahap Karantina, 42 Peserta Seleksi Duta Kampus ITB Ikuti Tes Wawancara

Oleh Adi Permana

Editor Adi Permana


BANDUNG, itb.ac.id – Sejak tahun lalu, Institut Teknologi Bandung (ITB) memiliki 12 duta kampus sesuai bidangnya masing-masing. Tidak terasa, seleksi duta kampus kembali hadir di tahun 2023.

Pada Sabtu (8/4), 42 Mahasiswa ITB mengikuti seleksi wawancara di Gedung CC Timur ITB Ganesha. Seleksi wawancara tersebut merupakan salah satu dari beberapa rangkaian seleksi duta kampus. Peserta yang lulus seleksi wawancara akan mengikuti tahap karantina nantinya.

Secara umum, tes wawancara berjalan dengan lancar tanpa ada kendala. Saat melakukan tes wawancara, peserta ditanya oleh pewawancara.

“Pewawancara keseluruhan ada dua orang dari psikolog luar ITB dan tiga orang dari panitia seleksi,” ujar Nadhifa Azka Aulia (RIL’20), Ketua Pelaksana Seleksi Duta Kampus ITB 2023.

Selain hari Sabtu, pelaksanaan tes wawancara juga dilakukan pada hari Minggu (9/4). Jadi 42 peserta akan terbagi ke dua hari yang berbeda. “Untuk peserta yang melaju ke tahap wawancara ada 42 orang, tahap wawancara dilaksanakan atau terbagi menjadi 2 hari yaitu hari Sabtu hari ini dan besok Minggu. Hari Sabtu sebanyak 22 orang, dan besok sebanyak 20 orang,” ujar Nadhifa.

Pada dasarnya, tes wawancara ini bertujuan untuk menggali potensi peserta serta menilai kepribadian mereka. “Tujuan tes wawancara ini untuk menilai kepribadian peserta, di mana hasil penilaiannya akan digabung dengan hasil penilaian tahap campaign challenge lalu akan langsung didapat finalis yang akan melaju ke tahap karantina dan malam puncak,” jelas Nadhifa.

Melalui tes wawancara, 42 peserta tersebut akan ‘disaring’ menjadi 28 orang. Peserta yang lolos ini akan mengikuti seleksi karantina menjadi finalis Seleksi Duta Kampus ITB 2023. Nantinya, dari 28 finalis yang lolos akan dipilih lagi untuk menempati posisi sebagai duta kampus di tujuh bidang.

Ketujuh bidang tersebut terdiri atas Duta Multikampus, Duta Intelegensia, Duta Digital Komunikasi, Duta Persahabatan dan Well Being, Duta Kewirausahaan, Duta Inspiratif, dan Duta Antar Bangsa. Sebelumnya, terdapat 3 peran dan fungsi Duta Kampus ITB, yaitu promosi, role model, dan sampul ITB.

Reporter: Kevin Agriva Ginting, GD’20)
Foto: Dok. Tim Duta Ditmawa


scan for download