Dies Emas ITB: Program Hibah Riset IA ITB Wujudkan ITB Menuju Kelas Internasional

Oleh niken

Editor niken

BANDUNG, itb.ac.id - Ikatan Alumni (IA) ITB bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) ITB mengadakan Program Hibah Riset (HR) IA-ITB dalam upaya mempercepat terwujudnya ITB sebagai world class university.  Program ini memberi kesempatan kepada dosen-dosen ITB untuk meningkatkan kompetensi risetnya agar mampu berkiprah dan mendapatkan pengakuan pada tataran internasional.
Grant Ceremony & Seminar on Research Funding Program Hibah Riset Ikatan Alumni 2008-2009 dilaksanakan pada hari Jumat(06/03/09), bertempat di Aula Barat ITB. Dalam kesempatan tersebut, Ikatan Alumni ITB memberikan hibah riset Rp 1,25 miliar untuk ITB. "Hibah riset tahun ini kami naikkan Rp 100 juta per dosennya. Diharapkan hibah ini menjadi agenda tahunan ikatan alumni, siapa saja nanti ketua umumnya," ujar ketua Ikatan alumni ITB, yang juga Menteri Sekretaris Negara, Hatta Radjasa, yang memberi sambutan penutup pada acara seminar ini. Hatta pun menuturkan, pada tahun 2008 riset di Indonesia bisa melampaui Thailand, Filipina, dan Vietnam yang sebelumnya ada di atas Indonesia.

Tahun ini, 13 riset terpilih dari 63 riset yang diajukan untuk mendapatkan hibah. Keseluruhannya berasal dari berbagai fakultas, sekolah dan jurusan, karena tidak ditentukan kategori khusus mengenai risetnya. Namun, 13 riset tersebut terbagi menjadi dua kategori yaitu kategori Program Internasional Unggulan, dan Program Riset Internasional.  "Riset yang dipilih diharapkan menghasilkan output yang berkelas internasional sehingga dapat diworldwidekan melalui jurnal internasional," ujar Edi Suwarno, pelaksana acara seminar dari LPPM ITB.

Program Hibah Riset IA ITB meurpakan program yang sesuai dengan visi misi ITB yaitu meningkatkan peran ITB dalam : national competitiveness, serta diharapkan juga dapat mewujudkan atmosfer riset yang baik dan budaya riset yang kokoh, berkelanjutan dan berkualitas sebagai landasan utama menuju world class university.

Penerima Dana Program Hibah Riset IA ITB

1. AB Initio Study of Amino Acid Adsorption on PolyPyrrole by Ir.Hermawan K. Dipojono, MSEE., Ph.D.
2. A Study on Global Parameters of Hilal Visibility in Perspective of Metonic and Saros Cycle by Moedji Raharto, D.Sc.
3. Supersymmetric Flows in Supergravity From Matter Multiplet by Dr. rer. nat. Bobby Eka Gunara, M. Si
4. Molecular Characterization of Soil Indigeous Bacterial Community in Industrial Wastewater - polluted 5. Agricultural Soils : Implications for Bioremediation by Siti Khodijah Chaerun, Ph.D
6. Mathematical Modelling of Surfactant Effects on The Rupture of Condensate Thin films Occurred in a Gass Transmission Pipeline by Dr. Agus Yodi Gunawan
7. Modelling granullar oscillation induced by chaos using flux equation and neural network by Dr.rer.nat. Sparisoma Viridi
8. Mapping the Seismic Energy Release due to Plate Subduction Activities in Indonesia: An Attempt to Predict Earthquake by Prof. Sri Widiyantoro, Ph.D.
9. Astrometric Study of Southern Loose Star Groupings Lo 1095, Lo 1339, and Lo 1409 by Dr.Suhardja D Wiramihardja
10. Application of Compressive Sensing in Signal Processing, Imaging, and Communication by Andriyan B. Suksmono, MT., Ph.D.
11. Preparation on Nanoporous Modified Metal Oxide Thin Film for Environmental Sensor by Ir.Nugraha, Ph.D.
12. Hybrid Direct Power Control On 3-Phase 4-Wire Active Power Filter by Dr. Ir.Pekik Argo Dahono
Utility of Fatigue Measures for Overhead Construction Works by Yassierli, Ph.D.
13. New Alternative Thermal Energi Production While Reducing Greenhouse Gas Emission from Coal Mine Flue Gas Using a Novel Technology of Reverse Flow Reactor by Dr. Ir.Yogi Wibisono Budhi

scan for download