Dies Natalis ke-57, ITB Selenggarakan Pameran Penelitian

Oleh Luh Komang Wijayanti Kusumastuti

Editor Luh Komang Wijayanti Kusumastuti

BANDUNG, itb.ac.id- Pameran Penelitian kembali diadakan dalam rangka Dies Natalis ITB yang ke-57. Pembukaan secara resmi dilaksanakan di Aula Timur ITB oleh Rektor ITB, Prof. Kadarsah Suryadi. Pameran diikuti oleh para peneliti di seluruh Fakultas dan Sekolah di ITB dan juga para peneliti di Pusat Penelitian serta Lembaga Afiliasi Penelitian dan Industri (LAPI), Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan (LPIK), dan Badan Pengelola Usaha dan Dana Lestari (BPUDL) ITB. Pameran yag terbuka untuk umum ini berlangsung pada Rabu-Sabtu (02-05/03/16).

Berbagai hasil penelitian dipamerkan. Terdapat sekitar 150 penelitian dari berbagai fakultas, sekolah, dan pusat penelitian di ITB. Seperti Limbah Serat Gedebog Pisang (Dr.Dian Widiawati, FSRD), Lutut Prostesis Empat Batang Dengan Perangkat Rotasi Transversal (Prof. Dr. Andi Isra Mahyuddin, FTMD), Desain Bamboo Geodesic Dome Untuk Pavilion Indonesia di World Bamboo Congress (Dr. Ing Andry Widyowijatnoko, SAPPK), Pengaruh Konsevasi Status Vertebrata Dunia (Prof. Djoko T. Iskandar, SITH), Moel Sismik 3D Struktur Kerak di Jawa Timur dan Bali (Pusat Penelitian Mitigasi Bencana), Next Generation E-Learning (Pusat Penelitian Teknologi Informasi dan Komunikasi).

Dari Pelestarian Budaya Hingga Teknologi Tepat Guna


Penelitian ini mencerminkan peran ITB terhadap ilmu pengetahuan maupun dalam kehidupan masyarakat dalam bidang seni, sains, dan teknologi. Puzzle Rattanimal merupakan salah satu hasil penelitian Pusat Penelitian Produk Budaya dan Lingkungan oleh Drs. Budi Isdianto, M.Sn dan tim. Puzzle ini merupakan permainan merangkai yang menstimulasi kreativitas anak. Rattanimal mengembangkan puzzle yang wujudnya dapat mengembangkan imajinasi seperti ikan yang dapat melata atau kerbau yang dapat terbang. Hal ini memungkinkan anak yang emmainkannya mampu berpikir abstrak dan eksploratif sehingga mampu mendorong proses berpikir kreatif.


Dari FSRD ditampilkan berbagai rancangan dari kelompok keahlian kiya dan tradisi seperti tancangan songket corak mega malam, songket corak nilagita, sabuk anteng corak sekar kopi, songket corak sekar lembayung, sabuk anteng corak sekar segara, dan lainnya yang terinspirasi dari budaya adat.
Di bidang desain, salah satu pameran dari kelompok keahlian perumahan permukiman (SAPPK), dipamerkan desain hunian bagi masyarakat berpenghasilan rendah di bantaran sungai Bale Endah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek penerimaan desain hunian yang adaptif terhadap banjir.

Sementara itu, ditampilkan pula penelitian Village Budget Game dari kelompok keahlian pengelolaan pembangunan dan pengembangan kebijakan. Village Budget Game merupakan teknik penganggaran partisipatif dalam rangka membantu pembuatan keputusan partisipatif dalam pengalokasian dana desa. Teknik ini diuji pertama kali pada tahun 2014 di Desa CIbiru Wetan.
Dari STEI, ditampilkan hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan kelompok keahlian sepertu Mobil Listrik Nasional (Molina), Optimasi Smart Microgrid Sumba, Mobile E-Learning, dan lainnya.


Disampaikan oleh Kadarsah, penelitian-penelitian ini merupakan hasil yang bergulir dari proses tahun-tahun sebelumnya hingga kini ITB menginjak usia ke-57. Selain berkontribusi bagi ilmu pengetahuan, penelitian ini juga sebagai jalan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat "Misal dari penelitian pengembangan jembatan yang meningkatkan interaksi sosial juga perekonomian akan meningkatkan pula finansial masyarakat. Diharapkan penelitian-penelitian ini berakumulasi dan bermuara bagi kesejahteraan masyarakat," ungkap Kadarsah.


scan for download