Dosen Teknik Fisika ITB Paparkan Tentang Kemajuan dalam Sistem Kontrol

Oleh Adi Permana

Editor Adi Permana


BANDUNG, itb.ac.id—Dosen serta Peneliti dari Teknik Fisika Institut Teknologi Bandung, Ir. Endra Joelianto, Ph.D., SMIEEE memaparkan materi tentang kemajuan dalam sistem kontrol pada Senin (17/01/2022). Sistem kendali atau sistem kontrol adalah suatu sistem yang menghasilkan nilai tertentu sebagai keluarannya melalui pengendalian ataupun pengubahan ketentuan dari masukan sistem. Bentuk dasar dari suatu sistem kendali ada dua jenis, yaitu sistem kalang-terbuka dan sistem kalang-tertutup.

Salah satu jenis sistem kontrol yang terkenal adalah PID Controller. PID Controller merupakan kontroler mekanisme umpan balik yang biasanya dipakai pada sistem kontrol industri. Sebuah kontroler PID secara kontinu berfungsi untuk menghitung nilai kesalahan sebagai beda antara setpoint yang diinginkan dan variabel proses terukur. Kontroler mencoba untuk meminimalkan nilai kesalahan setiap waktu dengan penyetelan variabel kontrol, seperti posisi keran kontrol, damper, atau daya pada elemen pemanas, ke nilai baru.

Kontrol suhu kaskade adalah strategi yang paling umum yang diterapkan saat PID suhu bejana utama memberikan setpoint ke PID suhu jaket sekunder untuk perlambatan cairan panas dan dingin. Penggunaan kontrol kaskade menawarkan peningkatan kinerja yang cukup besar dalam hal mengurangi puncak dan kesalahan mutlak terintegrasi dari gangguan.

Selain itu, mulai bermunculan dan berkembang berbagai kemajuan dalam sistem kontrol yang dapat mengatasi permasalahan dan kelemahan pada sistem kontrol. “Sistem kontrol yang lebih canggih menawarkan desain pengontrol kebebasan tingkat yang lebih tinggi dan peningkatan kinerja dibandingkan pengontrol kebebasan satu derajat konvensional,” ujar Ir. Endra.

Pendekatan kontrol lanjutan juga mempertimbangkan penggunaan kecerdasan untuk mengoptimalkan parameter operasional atau menggunakan pendekatan komputasi kecerdasan buatan dalam loop umpan balik. Kelebihan unggulan dari two degree of freedom controller ini adalah jaminan stabilisasi loop tertutup. Kontroler jenis ini juga lebih baik dalam mengurangi gangguan dalam proses produksi pada sistem dengan teknologi disturbances rejection.

Contoh dari penerapan skema two degree of freedom controller adalah iVSD atau Intelligent, Optimal, and Efficient Variable Speed Drive Controller yang dibangun dari pengontrol mikro dan dilengkapi dengan rangkaian antarmuka analog. Kegunaan dari iVSD ini adalah penggunaan energi yang lebih efisien, kinerja kontrol yang lebih baik, dan lebih cepat merespon permintaan perubahan kecepatan putar.

Reporter: Yoel Enrico Meiliano (Teknik Pangan, 2020)


scan for download