DTI ITB Perkenalkan Teknologi Informasi ITB untuk Mahasiswa Baru pada PMB 2023

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita


BANDUNG, itb.ac.id – ITB menyelenggarakan Rangkaian Penyambutan Mahasiswa Baru (PMB) untuk calon mahasiswa Program Sarjana jalur Seleksi Mandiri (SM), Afirmasi & Kelas Internasional. Kegiatan PMB ini terdiri atas 8 sesi. Sesi pertama yaitu Pengenalan Teknologi Informasi yang dilaksanakan pada Senin (31/07/2023) secara daring.

Direktorat Teknologi Informasi (DTI) ITB menjadi narasumber pada sesi ini, diwakili oleh Direktur Teknologi Informasi, Mugi Sugiarto, S.Si., MAB.; Kepala Sub Direktorat Operasional dan Layanan Teknologi Informasi, Ario Sutomo, S.Kom., M.T.; serta Kepala Sub Direktorat Perencanaan dan Pengembangan Teknologi Informasi, Katini, S.T., M.T. Agenda ini dipandu oleh Duta Kampus ITB 2023 bidang Duta Wirausaha, Ghifalda Annisa Desomsoni (Kewirausahaan 2024).

Materi diawali dengan pengenalan ITB Account sebagai satu-satunya akun untuk mengakses Layanan Teknologi Informasi yang ada pada jaringan kampus ITB. “Layanan-layanan yang dimaksud antara lain email, wifi, Single Sign On (SSO), Virtual Private Network (VPN), dan Microsoft 365 Apps,” jelas Mugi.

Lebih lanjut, para narasumber menjelaskan masing-masing layanan dimulai dari email. Seluruh mahasiswa baru ITB akan mendapatkan satu ITB Account yang juga berfungsi sebagai alamat email. Selanjutnya untuk akses WIFI, SSID yang disediakan ITB untuk mahasiswa yaitu ITB Hotspot dan Eduroam. Ario memaparkan bahwa ITB Hotspot ditujukan untuk akses intranet dan internet, sedangkan eduroam untuk akses internet dan roaming internasional yang dapat digunakan di semua institusi yang mendukung Eduroam (baik institusi di dalam maupun luar negeri).

Layanan berikutnya yaitu VPN ITB. “VPN ITB adalah layanan untuk mengakses jaringan ITB dan beberapa sumber daya yang tidak dapat diakses langsung dari luar ITB, salah satunya situs e-journal yang dilanggan oleh kampus ITB,” ujar Ario.

Untuk menggunakan layanan internet VPN, pengguna harus melakukan akses layanan VPN menggunakan ITB Account serta melakukan instalasi VPN client seperti OpenVPN Connect atau Tunnelblick untuk MacOS.

Sesi ini juga memperkenalkan sistem autentikasi SSO yang sudah diterapkan oleh ITB Account. Melalui SSO, pengguna cukup login satu kali dan sudah mampu mengakses beberapa aplikasi internal ITB.

Layanan terakhir yang dijelaskan pada sesi ini ialah Microsoft 365 Apps. ITB Account dapat digunakan sebagai akun Microsoft 365 untuk 15 perangkat (5 dekstop, 5 smartphone, 5 tablet). Adapun aplikasi yang termasuk di dalamnya meliputi Microsoft 365 Online, One Drive 1 TB, Microsoft Outlook, Dan Microsoft Teams.

Para mahasiswa baru ITB Angkatan 2023 dapat segera memanfaatkan layanan teknologi informasi ITB tersebut begitu mereka mendapatkan NIM.

Penulis: Hafsah Restu Nurul Annafi (Perencanaan Wilayah dan Kota 2019)


scan for download