Duta Kampus ITB 2023 Gelar BANDARA: Belajar tentang Budaya Beragam Negara

Oleh M. Naufal Hafizh

Editor M. Naufal Hafizh

BANDUNG, itb.ac.id - Dalam upaya memperkaya pengalaman kebudayaan mahasiswa, Duta Kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) 2023 bidang Antarbangsa menggelar BANDARA: Belajar tentang Budaya Beragam Negara. Kegiatan ini dipimpin Duta Antarbangsa ITB 2023, Jasmine Exa Kamilia (Teknik Lingkungan, 2021) dan Rafly Akbar (Teknik Industri, 2022).

Acara berlangsung pada Jumat (16/2/2024), di Lapangan Cinta ITB Kampus Ganesha. Kegiatan ini berkolaborasi dengan Culturation ITB, salah satu acara tahunan Keluarga Mahasiswa (KM) ITB yang bertujuan memperkenalkan keberagaman budaya Nusantara.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan mahasiswa asing dapat mengenal lebih jauh kekayaan Indonesia melalui keberagaman budaya yang dipertontonkan, dan sebaliknya, mahasiswa lokal dapat memahami budaya para mahasiswa asing.

   

Melalui kegiatan tersebut, Duta Kampus ITB Tahun 2023 berpartisipasi bersama massa kampus khususnya unit kegiatan mahasiswa bidang kebudayaan dalam kegiatan pertukaran budaya di lingkungan kampus. Selain itu, BANDARA menjadi wadah bagi mahasiswa asing di ITB dalam memperkenalkan budaya masing-masing negara sekaligus mengenal lebih jauh tentang budaya Indonesia.

BANDARA menjadi wujud toleransi antarbangsa melalui festival dan booth budaya di Indonesia dan beberapa negara di dunia. Diharapkan program ini dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan pemahaman tentang budaya-budaya yang beragam di dunia serta memperkuat rasa kebersamaan antara mahasiswa asing dan lokal di lingkungan kampus ITB

Dalam pelaksanaannya, sebanyak 14 mahasiswa asing berasal dari program studi magister dan doktoral hadir sebagai audience, yaitu 2 asal Jerman, 1 asal Yaman, 3 asal Pakistan, 1 asal Polandia, 1 asal Yordania, 2 asal Syria, 1 asal Sudan, 1 asal Turki, 1 asal India, dan 1 asal Tanzania.

   

Sementara itu, terdapat 2 mahasiswa asing melakukan presentasi kebudayaan berasal dari Jordania dan Polandia. Perwakilan mahasiswa asing dari 5 negara memberi materi di booth BANDARA yaitu Yordania, Polandia, India, Sudan, dan Pakistan.

Penulis: Hafsah Restu Nurul Annafi (Perencanaan Wilayah dan Kota 2019)


scan for download