Geology Student Competition 2011: Pahami Geologi, Majukan Negeri

Oleh Muhammad Fikri

Editor -

Mascot GSC 2011BANDUNG, itb.ac.id - Mahasiswa Teknik Geologi ITB kembali menyelenggarakan Geology Student Competition (GSC) 2011 yang kedua. Bertema "Pahami Geologi, Majukan Negeri", ajang kompetisi untuk mahasiswa geologi seluruh Indonesia ini diselenggarakan pada Senin-Jumat (24-28/01/11) di kampus ITB.

Kompetisi geologi ini terdiri atas tiga bagian perlombaan yaitu lomba laboratorium, lomba pengambilan data di lapangan, dan lomba mengolah data. Hari pertama kompetisi diisi dengan lomba laboratorium yang menguji kemampuan peserta di laboratorium. Bagian lomba ini diisi dari cabang ilmu petrologi, petrografi, paleotologi, endapan mineral, geologi minyak bumi, dan geologi struktur. Peserta lomba kemudian akan dibawa langsung ke lapangan untuk melakukan pengambilan data pada hari kedua. Di hari terakhir kompetisi, peserta akan mengolah data yang hasil dari lapangan.

Billy Zhaky (Teknik Geologi 2007), selaku Ketua Panitia GSC, menjelaskan bahwa tujuan dari kompetisi ini adalah untuk memicu mahasiswa geologi di seluruh Indonesia agar dapat mengembangkan keilmuan geologi yang sudah didapatkan di bangku kuliah. "Karena kompetisi ini diikuti oleh mahasiswa dari berbagai kampus di seluruh Indonesia, ajang ini dapat juga menjadi tolak ukur keilmuan geologi Indonesia," ujar Billly.

Geology Expo, Edukasi ke Masyarakat

Cerdas Cermat SMASalah satu rangkaian acara GSC adalah Geology Expo, yang diselenggarakan pada Selasa (25/01/11) di Aula Barat ITB dan kompetisi cepat tepat bertema kebumian tingkat SMA se-kota Bandung.  Geology Expo ini juga memaparkan pameran fotografi dari finalis lomba foto bertema geologi dan stand dari beberapa badan geologi seperti student chapter, Pusat Vulkanologi & Mitigasi Bencana Geologi, dan Museum Geologi.

"Expo ini bertujuan agar masyarakat dapat memahami gejala bencara alam yang sering terjadi saat ini seperti gunung meletus dan gempa bumi," tutur Billy. Melalui Geology Expo, pengunjung diharapkan akan memperoleh edukasi yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-harinya.


scan for download