Greenlabs, Startup Kimia ITB Menang Penghargaan Real Tech Holding Singapore Award di Techplanter Demo Day

Oleh Adi Permana

Editor Vera Citra Utami


BANDUNG, itb.ac.id-Greenlabs, sebuah startup dari mahasiswa S2 Kimia dan dosen dari Institut Teknologi Bandung (ITB) memperoleh penghargaan dari Real Tech Holding Singapore Award, Sabtu (20/5/2023) lalu. Penghargaan tersebut disampaikan dalam acara Techplanter Demo Day, sebuah program akselerasi Deep Tech Startups di Asia Tenggara.

Greenlabs merupakan startup yang bergerak dalam bidang biokemikalia dan utilisasi minyak sawit. Greenlabs merupakan salah satu dari puluhan startup yang ikut serta dalam kompetisi tersebut, yang diadakan oleh Techplanter, sebuah platform yang fokus pada akselerasi startup dengan teknologi tinggi.

Demo Day merupakan tahap akhir dari program akselerasi, di mana para peserta yang terdiri atas sembilan finalis terpilih berkompetisi untuk mempresentasikan ide dan produk mereka kepada para investor dan juri.

Dalam presentasinya, tim Greenlabs berhasil menyajikan inovasi utilisasi minyak sawit dan biokemikalia yang ramah lingkungan untuk mengurangi emisi gas karbondioksida dan meningkatkan keberlanjutan ekonomi hijau di Indonesia.

Greenlabs telah mengembangkan teknologi yang efisien dan berkelanjutan untuk memperoleh komponen biokimia penting dari minyak sawit yang tidak toksik pada manusia juga hewan, serta lingkungan, juga utilisasi minyak nabati yang biasanya dianggap sebagai limbah. Teknologi ini dapat mengurangi dampak negatif dari industri minyak sawit terhadap lingkungan dan memberikan nilai tambah yang signifikan bagi sektor ini.

CBD Greenlabs, Eunike Salduna, mengatakan penghargaan ini menjadi awal baru dan semangat supaya transformasi ke biokemikalia di Indonesia bisa segera dilakukan dengan masif untuk kebaikan lingkungan dan kesehatan.

Penghargaan Real Tech Holding Singapore Award juga memberikan hadiah berupa pendanaan modal serta akses ke jaringan investasi yang luas. Ini akan membantu Greenlabs untuk memperluas pengaruhnya dan melanjutkan pengembangan teknologi kimia yang berkelanjutan.

Greenlabs telah menunjukkan potensi besar dalam mendorong inovasi di bidang biokimia dan utilisasi minyak sawit. Prestasi mereka di Techplanter Demo Day menegaskan bahwa para mahasiswa dan para pemuda memiliki peran penting dalam menciptakan solusi-solusi berkelanjutan yang berdampak positif terhadap masyarakat dan lingkungan.



scan for download