Homecoming ITB: Bernostalgia Sembari Bersinergi untuk Indonesia

Oleh Fatimah Larassati

Editor Fatimah Larassati

BANDUNG, itb.ac.id - Sebagai salah satu institusi akademik di Indonesia yang mempunyai jalin silaturahmi yang erat antar alumni, ITB merefleksikan keeratan tersebut dalam suatu reuni akbar bertajuk ITB Alumni Homecoming 2015. Rangkaian acara berlangsung selama dua hari yaitu pada Sabtu-Minggu (07-08/11/15) di kampus ITB. Acara reuni per jurusan secara sporadis telah dimulai sejak Sabtu pagi, yang kemudian dilanjutkan dengan homecoming akbar pada sore harinya. Cuaca hujan pada gelaran hari pertama pun tak menyurutkan semarak acara yang resmi dibuka oleh Rektor ITB, Prof. Ir. Kadarsah Suryadi, tersebut. Acara homecoming ini diramaikan oleh alumni berbagai jurusan di ITB dari tiap angkatan.

ITB Alumni Homecoming 2015 bukanlah sekedar reuni biasa karena selain bertujuan sebagai momen untuk bernostalgia dan wadah interaksi antar alumni lintas angkatan, ITB Alumni Homecoming 2015 ini diharapkan menjadi langkah awal sinergisasi pergerakan alumni. Sinergisasi ini diproyeksikan dan direalisasikan melalui ITB Bergerak Bersama.


ITB Bergerak Bersama lahir berdasar atas keinginan agar seluruh pergerakan yang diinisiasi oleh alumni dengan berbagai latar belakang dan elemen dilakukan secara terpusat. Selama ini banyak inovasi dari para alumni ITB, namun mayoritas dari pergerakan masih dilakukan secara parsial sehingga acapkali hasil yang ingin dicapai kurang optimal. Diusungnya ITB Bergerak Bersama ini adalah agar cita-cita luhur yang ingin dicapai tepat sasaran demi perkembangan almamater, bangsa, dan negara. Ibarat letupan, jika hanya terjadi di suatu tempat maka dampak yang dihasilkan tidak terlalu jelas terlihat dan hanya sementara. Akan tetapi jika letupan-letupan tersebut disatukan, efek yang masif lah yang akan dihasilkan.


Gelaran acara hari pertama juga turut diramaikan oleh penampilan berbagai bintang tamu yang diundang, diantaranya adalah penampilan dari musik rakyat dan persembahan beberapa lagu oleh alumni ITB. Ada pula sesi singkat Open Mic untuk berbagi cerita dan pengalaman dari para alumni. Malam harinya, acara dilanjutkan dengan pemaparan ITB Grand Pland. ITB Grand Plan sendiri berisi ajakan kepada semua alumni serta masyarakat untuk berkontribusi dan berkomitmen bersama membangun Indonesia yang lebih baik.


Acara di hari kedua diisi dengan kegiatan Fun Walk para alumni mengelilingi kampus ITB Ganesha yang kemudian dilanjutkan ke sepanjang jalan Dago. Rangkaian acara ditutup siang harinya dengan penampilan di panggung hiburan oleh komunitas musik ITB.

 

 

 

Sumber gambar:

-https://www.facebook.com/ITB-Alumni-Homecoming-2015-990957564281361/?fref=ts

-Dokumen penulis


scan for download