IC ITB, Hadir untuk Akses Keterbukaan Informasi dan Pelayanan Prima

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita

Dok Humas ITB/M. Naufal Hafizh

BANDUNG, itb.ac.id - Institut Teknologi Bandung (ITB) meresmikan Unit Layanan Terpadu (ULT) ITB, pada Rabu (3/7/2024) di ITB Kampus Ganesha, Bandung. ULT ini diberi nama Information Center (IC) ITB, yang dapat dibaca pula dengan "I See" yang berarti saya melihat atau saya mengetahui.

Adanya IC ITB berawal dari kesadaran ITB mengenai pentingnya meningkatkan standar layanan informasi dan integrasi layanan yang lebih prima. Dengan perkembangan zaman yang semakin maju serta kebutuhan dari sivitas akademika, ITB menyadari bahwa sistem layanan yang terintegrasi di berbagai unit sangat diperlukan. Sekaligus guna menghadirkan kemudahan dan efisiensi bagi pengguna.

Di balik pandemi Covid-19 yang sempat melanda dunia, terdapat perubahan besar dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk di dunia pendidikan. Dengan adanya pembatasan sosial dan protokol kesehatan yang perlu dijalankan, memaksa banyak institusi beralih ke layanan daring. Begitu pula yang dialami ITB.

Tak dapat dipungkiri bahwa layanan secara daring ini dapat menimbulkan beberapa kendala, salah satunya adalah terhambatnya komunikasi dan layanan secara langsung.

Maka dari itu, IC ITB hadir untuk solusi bagi sivitas akademika maupun masyarakat umum untuk mendapatkan langsung informasi serta layanan yang dibutuhkan.

Pada tahun 2022, ITB pun mencanangkan pembangunan Unit Layanan Terpadu guna mewujudkan transformasi layanan akademik secara digital dan terpadu. Hingga pada akhirnya IC ITB hadir di pertengahan 2024 ini, sekaligus sebagai wujud komitmen ITB dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik dan keterbukaan informasi bagi sivitas akademika dan masyarakat umum.

Berbicara soal lokasi, IC ITB berada di tengah-tengah ITB Kampus Ganesha, tepat di antara Campus Center (CC) Timur dan CC Barat. Lokasinya strategis, dapat terlihat langsung dari pintu masuk utama ITB Kampus Ganesha.

Layanan IC ITB

Dok Humas ITB/M. Naufal Hafizh

Berbagai layanan yang dapat diakses berkaitan dengan akademik, kemahasiswaan, keuangan, kerja sama, kealumnian dan umum, kepegawaian dan purnabakti, hingga sarana prasarana dan teknologi informasi.

Ada pun waktu operasional IC ITB dimulai dari pukul 09.00-15.00 WIB setiap Senin-Jumat.

Beberapa layanan yang ada di IC ITB, antara lain:
- Biro Kemitraan: Konsultasi Outbound Mobility (SEA-Reg dan SEA-GE3), Permohonan Data Informasi MoU, Perpanjangan ITAS Mahasiswa Asing;

- Direktorat Pendidikan: Layanan Verifikasi Alumni ITB, Pembuatan KTM Pengganti, Pembuatan Surat Keterangan Ijazah Hilang;

- Direktorat Sarana dan Prasarana: Pelayanan dan Perizinan Masuk Kampus ITB, Pelayanan Pengangkutan Limbah B3, Pelayanan Penggunaan Ambulans dan Damkar ITB Ganesha dan Jatinangor, Penggunaan/Pemakaian Fasilitas Umum;

- Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat: Pelayanan Wartawan dan Narasumber, Permohonan Kunjungan SMA ke ITB Kampus Ganesha atau Jatinangor;

- Sekretariat Institut: Penambahan, Perpanjangan dan Penutupan Domain itb.ac.id;

- Direktorat Kemahasiswaan: Pengajuan Beasiswa;

- Direktorat Keuangan: Pengembalian Kelebihan Pembayaran BPP, Update Status Pembayaran BPP (Konfirmasi pembayaran BPP).

Jenis layanan lebih spesifik dapat Anda akses di https://ult.itb.ac.id/layanan. Selain itu, terdapat layanan perbankan dari BNI dan perpajakan dari Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan Republik Indonesia khusus untuk sivitas akademika.


scan for download