Icon Arccade 2023: Kreativitas dan Desain yang Meleburkan Batas-batas demi Pertumbuhan Jangka Panjang

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita

BANDUNG, itb.ac.id - Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD), Institut Teknologi Bandung (ITB) menggelar International Conference of Art, Craft, Culture, and Design (Icon Arccade) 2023, Rabu hingga Jumat, (11-13/10/2023) di ITB Kampus Ganesha.

Kegiatan dua tahunan tersebut menjadi yang ketiga kalinya digelar oleh FSRD ITB. Icon Arccade pertama digelar tahun 2017 dan yang kedua pada 2021.

Tema yang diusung dalam konferensi tahun ini adalah "Fluid & Ubiquitous". Hal ini mencerminkan tekad untuk beradaptasi dan merespons kondisi global yang terus berubah di segala aspek. Dengan kreativitas, inovasi, dan desain batas-batas antara manusia, alam, dan segala sesuatu di antaranya menjadi lebur dengan harapan terkeskplorasi berbagai peluang baru untuk pertumbuhan yang berdampak jangka panjang.

   

Icon Arccade 2023 secara resmi dibuka oleh Rektor ITB, Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D. Kegiatan tersebut menghadirkan empat pembicara pleno dari empat negara berbeda, yakni:

1. Associate Professor, University of Tokyo, Akira Matsuda, Ph.D.;

2. Associate Professor, Strategic Design and Management, Parsons School of Design and Vice Provost and Academic Deaan, Continuing and Professional Education, The New School, Dr. Mariana Amatullo;

3. Deputy President and Provost, LASALLE I University of the Arts Singapore, Venka Purushothaman, Ph.D.;

4. Cultural Studies, Design, Institut Teknologi Bandung, Prof. Dr. Yasraf Amir Piliang, M.A.

   

Acara ini mengeksplorasi lima subtema yang berada di garis depan desain kontemporer:

1. Care

Menekankan pentingnya melakukan praktik desain dengan mempertimbangkan aspek empati dan perhatian baik terhadap manusia maupun lingkungan.

2. Systemic Design

Berfokus pada pendekatan desain holistik yang mempertimbangkan interkoneksi dan sistem yang lebih luas.

3. Cross-Cultural Identity

Menampilkan kekayaan budaya secara global dan pengaruhnya terhadap desain.

4. Object as an Agency

Mengenali kapasitas objek untuk memengaruhi perubahan dan mengomunikasikan makna.

5. Transmateriality

Menyelidiki penggunaan material dan teknologi inovatif untuk menciptakan desain yang berkelanjutan dan inovatif.

   

Selain konferensi internasional, terdapat berbagai acara menarik lainnya seperti pameran, lokakarya, ceramah, diskusi panel, dan instalasi interaktif. Desainer, arsitek, dan seniman ternama dari seluruh dunia ikut berpartisipasi memberikan wawasan dan inspirasi berharga kepada peserta.

“Kami sangat senang menjadi tuan rumah Icon Arccade untuk ketiga kalinya, menyatukan para pemikir paling cerdas dalam desain dan arsitektur untuk mengeksplorasi kemungkinan tak terbatas dalam bidang kami. Tema tahun ini mencerminkan sifat desain yang mudah beradaptasi dan inklusif, mengundang kami untuk menantang batas-batas dan berkreasi dunia yang lebih baik dan berkelanjutan,” ujar Dekan FSRD ITB, Dr. Andryanto Rikrik Kusmara, S.Sn., M.Sn.

Acara ini diikuti masyarakat umum, termasuk mahasiswa, profesional, dan peminat yang tertarik dengan dunia desain dan arsitektur. Dengan adanya kegiatan ini, peserta mendapatkan pengalaman unik untuk terlibat dengan konsep-konsep mutakhir, membangun jaringan dengan para pemimpin industri, dan membenamkan diri dalam dunia desain yang beragam.

Editor: M. Naufal Hafizh


scan for download