Incaverna: Pameran Seni yang Membuka Gerbang Kreativitas Mahasiswa TPB FSRD 2023

Oleh M. Naufal Hafizh

Editor M. Naufal Hafizh

Ibu dan anak bermain bersama di depan hologram gua pada gelaran Incaverna, pre-event Pameran Akademik FSRD 2023 “Arcavena” yang dilaksanakan di Galeri Pusat Kebudayaan, Kota Bandung, Jumat (15/6/2024). (Dok. Panitia)

BANDUNG, itb.ac.id — Mahasiswa Tahap Persiapan Bersama (TPB) Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Teknologi Bandung (FSRD ITB) angkatan 2023 menggelar Incavera, pameran seni yang merupakan pre-event dari Arcavena, Pameran Akademik TPB FSRD. Incaverna diadakan pada Sabtu (15/6/2024) di Galeri Pusat Kebudayaan, Braga, Kota Bandung.

Pameran Akademik TPB FRSD “Arcavena” sendiri akan dilaksanakan pada 22-23 Juni 2024 di Gedung Serba Guna (GSG) ITB Kampus Jatinangor. Pada gelaran ini akan ditampilkan karya dari 432 mahasiswa TPB FRSD yang merupakan hasil dari tugas berbagai mata kuliah selama satu tahun menjalani perkuliahan.

Pengunjung melihat karya yang ditampilkan di Incaverna, Jumat (15/6/2024). (Dok. Panitia)

Ada berbagai jenis karya yang ditampilkan, di antaranya nirmana, gambar bentuk, gambar konstruk, RD 3D. Karya-karya tersebut dikelompokkan sesuai dengan prodi-prodi FSRD yang akan dimasuki oleh TPB di tahun kedua perkuliahan.

Ketua Bidang Acara, Vania Eliana Soetedjo, mengatakan bahwa tema dari Incaverna adalah Crystal Cave. Tema tersebut dipilih karena gua dapat dianalogikan sebagai suatu hal baru yang dapat terbuka, sama seperti mahasiswa TPB memasuki dunia perkuliahan yang benar-benar baru bagi mereka.

Pengunjung berfoto di depan hologram gua, Jumat (15/6/2024). (Dok. Panitia)

Lokasi kegiatan yang strategis membuat banyak wisatawan yang tertarik melihat pameran Incaverna. Banyak pengunjung menyempatkan berfoto di depan hologram gua.

Pengunjung yang datang berasal dari berbagai kalangan dan usia, baik anak-anak, muda, hingga dewasa.

Selain itu, panitia mengadakan permainan sesuai dengan tema acara. Antusiasme dari peserta, khususnya anak-anak, sangat terasa dengan meriahnya teriakan dan sorakan selama mengikuti permainan tersebut.

Pengunjung mengikuti permainan yang ada dalam pameran, Jumat (15/6/2024). (Dok. Panitia)

Kegiatan ini merupakan acara rutin yang diselenggarakan FSRD tiap tahunnya. Vania mengungkapkan, persiapan untuk acara ini berlangsung sejak sekitar bulan Maret 2024.

“Dengan adanya acara ini aku sangat senang karena bisa lebih mengenal teman-teman angkatan. Arcaverna ini juga menjadi acara terakhir dari TPB FSRD 2023 sebelum berpisah saat telah mendapatkan jurusan dan kampus masing-masing nantinya,” tutur Vania.

Reporter: Dina Avanza Mardiana (Mikrobiologi, 2022)


scan for download