ITB Berikan Penghargaan Ganesha Award kepada Mahasiswa Berprestasi Sepanjang 2022

Oleh Adi Permana

Editor Adi Permana


BANDUNG, itb.ac.id-Institut Teknologi Bandung (ITB) memberikan penghargaan Ganesha Award 2022 kepada mahasiswa-mahasiswa yang telah menorehkan prestasi sepanjang 2022 di Ruang Auditorium, GKU 2 lantai 3 kampus ITB Jatinangor, Sabtu (21/1/2023).

Pada penghargaan tersebut terdapat 1 orang penerima Ganesha Perkasa (bidang olahraga), 10 penerima Ganesha Rasa (bidang kesenian/kebudayaan/keagamaan), 121 penerima Ganesha Karsa (bidang ilmiah/sosial kemasyarakatan), 114 penerima Ganesha Karya (bidang karya inovatif) dan penghargaan Ganesha Prize terhadap mahasiswa berprestasi sebanyak 12 mahasiswa.

Rektor Institut Teknologi Bandung, Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D., menyampaikan selamat kepada mahasiswa penerima Ganesha Award beserta para pembimbing yang mendampingi mereka dalam berkompetisi. Ia mengatakan, bahwa para mahasiswa penerima penghargaan telah membuktikan dirinya dalam mendapatkan pengalaman lebih dan terpacu untuk menampilkan kemampuan yang dimilikinya, meningkatkan sikap inisiatif, kepercayaan diri, keberanian, sportivitas, dan sikap intropeksi.

Di awal acara, dilangsungkan penyerahan penghargaan Ganesha Prize terhadap 12 mahasiswa berprestasi dari masing-masing fakultas/sekolah. Penghargaan diberikan langsung oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Ir. Jaka Sembiring, M.Eng. Selain penyerahan penghargaan, terdapat talkshow dengan topik yang sangat menarik bertajuk “Pendidikan Yang Berintegritas: Hambatan atau Jembatan?”, dengan narasumbernya yaitu Prof. Dr. Ir. Jaka Sembiring, M.Eng. selaku WRAM beserta Alifia Zahratul Ilmi sebagai Juara 1 Mahasiswa Berprestasi ITB.

“Hakikat pendidikan adalah menggali potensi yang ada di dalam diri manusia, yang mana di masa kini potensi tersebut hidup berdampingan dengan teknologi sehingga dibutuhkan sikap integritas sebagai pegangan di dalam diri manusia agar tidak dikuasai dan di kontrol oleh teknologi karena transformasi teknologi merupakan hal yang tidak bisa kita hindari tetapi harus kita sikapi dengan bijaksana,” ujar Prof. Jaka.

Sementara itu, Mahasiswa Berprestasi ITB, Alifia Zahratul Ilmi mengungkapkan, integritas juga menunjukkan bahwa manusia memiliki prinsip yaitu keselarasan antara pikiran dan perbuatannya, sehingga pendidikan yang berintegritas sejatinya bukanlah output oriented tetapi process oriented.

Acara Ganesha Award 2022 juga dimeriahkan oleh penampilan dari Unit Kesenian ITB, dan menampilkan Jinan Laetitia, mahasiswa Seni Rupa 2019, peraih penghargaan Anugerah Musik Indonesia (AMI) sebagai Artis Solo Pria/Wanita R&B Kontemporer Terbaik 2022.

Penyerahan penghargaan masing-masing kategori Ganesha Perkasa, Ganesha Rasa, Ganesha Karsa dan Ganesha Karya diberikan oleh Direktur Kemahasiswaan, Dr. G. Prasetyo Adhitama, S,Sn., M.Sn., Kepala Subdirektorat Beasiswa, Nenden Rina Ratnakomala, S.T., M.T., Kepala Subdirektorat Organisasi Mahasiswa dan Pengembangan Prestasi Mahasiswa, Dr. Epin Saepudin, M.Pd, Kepala Subdirektorat Pengembangan Profesi dan Kewirausahaan Mahasiswa, Hafif Aziz Ahmad, S.Sn., M.Des., Ph.D.

Sumber berita dan foto: Direktorat Kemahasiswaan ITB


scan for download