ITB dan IMIP Center of People Excellence Tandatangani MoU untuk Perkuat Sinergi di Bidang Pendidikan dan Industri

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita

Dok.Humas ITB/M.Naufal Hafizh

BANDUNG, itb.ac.id - Institut Teknologi Bandung (ITB), melalui Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) Center of People Excellence di Ruang Rapat Besar FTTM ITB, ITB Kampus Ganesha, Kamis (13/6/2024).

Kesepakatan ini bertujuan guna memperkuat kerja sama di bidang akademik dan memperkuat kerja sama di bidang akademik serta mendorong inovasi juga pengembangan teknologi, yang dapat saling memberikan manfaat bagi kedua belah pihak.

Penandatanganan MoU ini dilakukan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan (WRAM), Prof. Dr. Ir. Jaka Sembiring, M.Eng., dan HR Director PT IMIP, Achmanto Mendatu.

Prof. Jaka dalam sambutannya mengatakan bahwa penandatanganan MoU ini menjadi sebuah momen penting yang menandai tonggak sejarah baru dalam kolaborasi strategis antara dunia pendidikan dan industri.

"Hari ini merupakan implementasi untuk kerja sama, saling mendukung, dan menguatkan kapabilitas antara ITB dan IMIP. Alhamdulillah, visi serta misi kita telah sejalan untuk membangun Indonesia lebih baik lagi di masa depan," ujarnya.

Dok.Humas ITB/M.Naufal Hafizh

Lebih lanjut, beliau mengungkapkan bahwa MoU ini adalah wujud nyata dari komitmen bersama untuk memperkuat kualitas pendidikan, penelitian, dan sumber daya manusia.

"Melalui kolaborasi ini, kami berharap dapat menghasilkan inovasi-inovasi yang bermanfaat bagi kemajuan bangsa," tuturnya.

Dekan Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM) ITB, Prof. Ir. Ridho Kresna Wattimena, MT., Ph.D. IPU., pun menyambut dengan baik adanya MoU ini. Menurutnya kerja sama ini merupakan sinergi dunia pendidikan dan industri untuk membangun Indonesia Emas 2024.

Salah satu fokus kerja samanya adalah meningkatkan kualitas pendidikan serta pelatihan di bidang teknik metalurgi. Selain itu, kedua belah pihak pun berkomitmen untuk menghasilkan SDM unggul yang berkompeten serta sesuai dengan kebutuhan industri.

Sementara itu, HR Director PT IMIP, Achmanto Mendatu, menyatakan bahwa IMIP memiliki target untuk mencetak lebih dari 1.000 SDM unggul melalui program beasiswa dan magang. "Kami berharap dengan kolaborasi dengan ITB ini dapat semakin mencetak generasi yang unggul. Salah satu caranya dengan scholarship, magang, serta skema dual degree yang memungkinkan mahasiswa untuk belajar di ITB dan mendapatkan pengalaman kerja di IMIP," ucapnya.

Adanya MoU ini pun diharapkan menjadi sebuah kontribusi nyata bagi kemajuan bangsa melalui inovasi-inovasi yang bermanfaat dan memiliki nilai guna bagi masyarakat luas.


scan for download