ITB Gelar Diskusi Program Pra Magister Non Reguler Non Gelar ITB

Oleh M. Naufal Hafizh

Editor M. Naufal Hafizh

BANDUNG, itb.ac.id – Direktorat Pendidikan Non Reguler, Institut Teknologi Bandung (ITB) menggelar diskusi dan tanya jawab terkait Program Non Reguler Non Gelar (NRNG) ITB secara bauran, di ITB Kampus Jakarta, Gedung Graha Irama (Indorama) Lantai 12 dan Zoom, Rabu (17/1/2024).

Tiga narasumber hadir dalam kegiatan tersebut, yakni Direktur Direktorat Pendidikan Non Reguler, Prof. Ridwan Sutriadi, S.T., Ph.D., Kepala Subdirektorat Pendidikan Berkelanjutan, Irwan iskandar, S.T., M.T., Ph.D., dan Kepala Subdirektorat Administrasi Penerimaan Mahasiswa, Irvan Christiawan, S.T.

Direktorat Pendidikan Non Reguler merupakan direktorat baru dengan konsep life-long learning. Adapun Program NRNG ITB memberikan peluang seluas-luasnya bagi WNI maupun WNA untuk mengenyam pendidikan di ITB baik bergelar maupun tidak bergelar. Bahkan, Pendidikan NRNG ini bisa digeser dengan pendidikan bergelar nantinya. Program tersebut, dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan tentang teknologi, sains, manajemen, dan/atau seni rupa serta desain.

“Mirip dengan kegiatan perkuliahan reguler, hanya saja peserta ini hanya terdaftar dalam mata kuliah tersebut tanpa ada gelar magisternya. Namun, tetap mendapatkan pengakuan SKS,” ucap Irvan Christiawan, S.T.

Transkrip akademik yang telah diambil dalam program NRNG dapat diakui selama lima tahun dan dapat diekuivalenkan dengan mata kuliah yang sesuai pada kurikulum yang sama atau berbeda. Mata kuliah yang dapat diakui sebagai program magister reguler sebanyak 12 SKS dalam satu semester sesuai dengan ketentuan dalam program studi tersebut.

Beberapa persyaratan peserta adalah lulusan program Sarjana (S1/D4), mendaftarkan diri sebagai peserta program NRNG di https://admission.itb.ac.id/info/. Kemudian, bagi pemilik ijazah program Sarjana bidang Sains dan Teknik dapat memilih seluruh topik dan mata kuliah yang ditawarkan ITB. Namun, bagi pemilik ijazah program Sarjana selain itu, hanya dapat memilih topik-topik yang ditawarkan oleh Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) dan/atau Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB. Pendaftaran peserta dilakukan secara daring.

Setelah seleksi, akan diumumkan apakah mata kuliah yang dipilih dapat diikuti atau tidak. Pada tanggal yang ditetapkan, peserta akan dapat melihat pada halaman pendaftaran (https://admission.itb.ac.id/info/nrng/). Peserta kemudian akan melakukan aktivasi akun mahasiswa dan membangkitkan tagihan dan melunasi biaya pendidikan. Nantinya peserta akan memperoleh NIM. NIM akan tampil pada transkrip sehingga transkrip tersebut dapat diajukan kepada ITB saat mahasiswa mengikuti program magister reguler di ITB.

ITB telah membuka pendaftaran peserta program NRNG sejak 19 Desember 2023 hingga 30 Januari 2024. Setelah itu, akan ada verifikasi dan seleksi, yang hasilnya diumumkan pada 1 Februari 2024. Perkuliahan akan dimulai pada 5 Februari 2024.

Pembaca dapat menyaksikan siaran ulang diskusi terkait Program Pra Magister Non Reguler Non Gelar (NRNG) ITB yang ditayangkan di YouTube Direktorat Pendidikan Non Reguler ITB.

Reporter: Yohana Aprilianna (Perencanaan Wilayah dan Kota, 2021)


scan for download